SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PORTO - Chelsea juara Liga Champions 2020/2021 seusai mengalahkan Manchester City 1-0 pada final di Estadio Do Dragao, Porto, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB. Gol kemenangan The Blues dicetak oleh Kai Havertz pada menit ke-42.

Meski City menguasai 60 persen ball possesion, Chelsea mampu tampil agresif dengan delapan attempts, dua tepat sasaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara, City cuma bikin satu attempts dari total tujuh. Bagi Chelsea, ini adalah gelar keduanya di ajang ini setelah pertama pada 2012. Citizens pun harus menunggu musim depan untuk mendapatkan trofi pertamanya.

Hasil Kongres PSSI: Liga 1 Pakai Format Series, Liga 2 Dibagi Empat Grup

City coba langsung menekan sejak menit awal dan mengurung pertahanan Chelsea. Di menit kedelapan, umpan panjang Ederson menuju sisi kanan pertahanan Chelsea.

Raheem Sterling mampu mendahului Reece James untuk mendapatkan bola, dan coba menaklukkan Edouard Mendy dari sudut sempit. Mendy bisa menepisnya dan berujung sepak pojok.

Setelah itu, Chelsea justru yang bisa merepotkan City lewat serangan dari sisi kiri. Ben Chilwell dan Timo Werner benar-benar merepotkan.

Bhayangkara FC Batal Ganti Nama Jadi Bhayangkara Solo FC

 

Silva Cedera

Kai Havertz memberikan bola kepada Werner pada menit ke-14, tapi eksekusi kompatriotnya itu terlalu lemah sehingga bisa diamankan Ederson.

Semenit kemudian Werner kembali mengancam, kali ini menusuk dari sisi kiri dan melepaskan sepakan ke sudut sempit. Bola mengenai Kyle Walker untuk berujung sepak pojok.

Chelsea bermain sangat dalam sehingga membuat City kesulitan mencari ruang untuk dieksploitasi. Sekalinya ada ruang untuk menembak, bek-bek Chelsea siap mengadang.

Kaesang dan Raffi Ahmad Disambut Hangat di Kongres Tahunan PSSI

Seperti di menit ke-27 saat Foden mendapat bola terobosan dari De Bruyne dan dalam posisi on goal. Antonio Ruediger dengan cepat mengadang bola sepakan Foden.

Chelsea mendapat pukulan ketika bek andalannya Thiago Silva harus keluar di menit ke-41 karena mengalami cedera pangkal paha. Silva sempat bertahan selama lima menit sebelum digantikan Andreas Christensen.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-42 dan Chelsea yang unggul duluan. Chelsea membangun serangan dengan cepat dari kotak penalti sendiri dan bola berakhir di kaki Mason Mount.

PSSI Kantongi Izin Liga 1 dan Liga 2, Tinggal Diumumkan Polri

 

Jesus Gantikan De Bruyne

Mount melihat celah di pertahanan Chelsea dan mengirimkan bola terobosan yang diterima Havertz. Dia lantas mengecoh Ederson dan mudah saja menceploskan bola ke gawang kosong.

Chelsea yang unggul 1-0 di babak pertama bermain lebih dalam di babak kedua. Mereka membiarkan City menguasai pertandingan tapi tidak boleh sampai ke pertahanan.

City yang mengejar ketertinggalan malah harus kehilangan De Bruyne di menit ke-60. Dia digantikan Gabriel Jesus setelah mendapat cedera di wajahnya karena berbenturan dengan Ruediger.

Man City Vs Chelsea: Guardiola Tegaskan Siap Menderita demi Juara Liga Champions

Di menit ke-68, Mahrez mengirimkan bola dari sisi kanan ke tiang jauh. Di sana ada Gabriel Jesus yang menunggu tapi bola keburu dipotong Azpilicueta.

Chelsea hampir membuat gawang City bergetar saat Christian Pulisic mampu lepas dari penjagaan Ruben Dias pada menit ke-73. Tapi, bola tendangannya menyamping.



Meski sudah memasukkan Sergio Aguero di 10 menit akhir pertandingan, City masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Chelsea.

Road to Final Liga Champions: Tuchel Bikin Pertahanan Chelsea Kian Solid

 

Peluang Terakhir City

Kemelut terjadi di depan gawang Chelsea di menit ke-89 saat serangan dari sisi sayap mampu menciptakan peluang. Bola dari sisi kiri mengarah ke Mahrez di tiang jauh. Mahrez coba memberikannya kepada Foden tapi Christensen dengan cepat mengadangnya. City terus menggempur Chelsea tapi berkali-kali upaya itu gagal.

Ada peluang Mahrez lewat sepakan first time di menit ke-96 tapi melayang di atas mistar, meski Mendy sudah mati langkah.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Chelsea dan mereka berhak jadi juara Liga Champions 2021/2021

Road to Final Liga Champions: Ngeri! Man City Tidak Terkalahkan

 

Susunan pemain

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Guendogan, Kevin De Bruyne (Gabriel Jesus 60'), Bernardo Silva (Fernandinho 64'); Riyad Mahrez, Phil Foden, Raheem Sterling (Sergio Aguero 77')

Chelsea: Edouard Mendy; Reece James, Thiago Silva (Andreas Christensen 41'), Antonio Ruediger; Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount (Mateo Kovacic 80'); Timo Werner (Christian Pulisic 66'), Kai Havertz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya