SOLOPOS.COM - Para pejabat berfoto bersama di panggung dalam penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022 di Jakarta, Kamis (1/12/2022) lalu. (Istimewa/SDN 4 Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga sekolah di Kabupaten Sragen, yakni SDN 4 Sragen, SDN 1 Girimargo Miri, dan SMPN 2 Tangen, meraih predikat Adiwiyata Mandiri 2022. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatan (LHK) di Jakarta, Kamis (1/12/2022) lalu.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sragen tahun ini mengusulkan 12 sekolah untuk mendapat predikat Adiwiyata, tetapi yang lolos hanya sembilan sekolah. Tiga di antaranya meraih Adiwiyata Mandiri seperti yang sudah disebut, enam sisanya Adiwiyata tingkat nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Enam sekolah tersebut di yakni SMPN 1 Jenar, SMPN 1 Tanon, SMPN 1 Kalijambe, SMPN 5 Sragen, SMPN 6 Sragen, dan SMPN 2 Ngrampal.

“Program Adiwiyata ini untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” jelas Kabid Perencanaan Pengaduan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Sragen, M. Purwaka Adi Nugraha, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Ikut Gerakan Tanam Pohon, Ini Partisipasi SMPN 8 Solo di HUT ke-25 Solopos

Syarat menjadi sekolah adiwiyata adalah harus membantu dan mengajak dua sekolah terdekat untuk ikut program Adiwiyata.  Adiwiyata Mandiri merupakan tingkatan paling tinggi.

Salah satu guru SDN 4 Sragen, Muhammad Abdul Azis, mengungkapkan sebelum meraih predikat Adiwiyata Mandiri, sekolahnya pernah mendapat Adiwiyata Nasional pada 2015. SDN 4 Sragen memiliki dua sekolah binaan, yakni SDN 15 Sragen dan SDN 1 Sragen.

“Pertimbangan Adiwiyata Mandiri lainnya, sekolah kami mempunyai ruang terbuka hijau yang luas, sarana prasarana memadai, dan memenuhi 18 kriteria yang menjadi fokus penilaian Kementerian LHK,” ujar Azis.

Untuk maju ke Adiwiyata Mandiri, SDN 4 Sragen sudah mempersiapkan diri sejak 2021. Pihak sekolah memang memprioritaskan upaya meriah predikat Adiwiyata Mandiri ini dengan dukungan anggaran yang tak sedikit.

Baca Juga: MTsN 4 Sragen Terpilih Mengikuti Program Green Movement Solopos

Dampak dari diraihkannya penghargaan Adiwiyata Mandiri bagi sekolah, menurut Azis cukup banyak. Semua civitas sekolah dan wali murid lebih peduli tentang sampah dan lingkungan. Berikut penilaian dan daftar sekolah adiwiyata di Sragen 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya