Petugas Terminal Tirtonadi membagikan takjil berupa air mineral dan buah kurma di jembatan penghubung antarmoda Stasiun Solo Balapan-Terminal Tirtonadi (Skybridge), di Gilingan, Banjarsari, Solo, Selasa (7/5/2019). Selama Ramadan, Terminal Tirtonadi menyediakan takjil untuk penumpang yang melintasi Skybridge. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Pengelola Terminal Tirtonadi, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo membagikan takjil sebagai hidangan berbuka puasa kepada para penumpang bus dan kereta api yang melintas di jembatan penghubung antarmoda atau skybridge. Hal itu dikarenakan saat waktu berbuka puasa banyak pelintas yang masih berjalan di kawasan sky bridge.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Selasa (7/5/2019) sore mengatakan pembagian takjil sebagai sarana untuk menyambut Bulan Ramadan sekaligus menyosialisasikan skybridge kepada pengguna transportasi darat. Berdasarkan pengamatan pengelola terminal, saat berbuka warga yang melintas sky bridge sepanjang 480 meter masih berada di dalam skybridge. Sehingga, pelintas menjadi sedikit terlambat dalam berbuka.

“Skybridge sebagai jembatan penghubung antarmodaa dengan berbagai fasilitasnya semakin hari semakin meningkat jumlah pelintasnya. Ngabuburit Skybridge juga sebagai wujud untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan skybridge yang saat ini telah buka selama 24 jam,” ujar Joko Sutriyanto.

Menurutnya, pembagian takjil dilakukan petugas dan takmir Masjid Al Musafir yang berada di kompleks terminal dengan berkeliling menggunakan sepeda listrik yang digunakan berpatroli menjaga sky brigde. Meskipun takjil hanya sebatas air minum dan makanan ringan namun hal itu sebagai wujud kepedulian antar sesama dalam menjalankan ibadah puasa.

Ia menyilakan warga yang ingin ngabuburit menunggu buka puasa di skybride untuk menikmati pemandangan dari jembatan itu. Pemandangan seperti Jembatan Keris hingga permukiman padat khas kota besar menjadikan waktu tidak terasa.

Humas Terminal Tirtonadi, Heru Murdhani, mengatakan pengelola telah menyiapkan konsep khusus saat Lebaran nanti. Berbagai makanan akan disajikan secara prasmanan di dalam skybridge ditambah para petugas akan menggunakan kostum unik khas Lebaran.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten