SOLOPOS.COM - Para jemaah duduk berbaris dan berhadap-hadapan saat menunggu waktu berbuka puasa do halaman Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Kamis (23/3/2023). Masjid Sheikh Zayed menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO–Bulan berkah Ramadan tahun ini, sejumlah masjid di Solo diketahui menggelar pembagian takjil bagi para jemaah maupun masyarakat umum.

Masjid-masjid di Solo berlomba-lomba memberikan pelayanan prima kepada para jemaah maupun warga yang tengah melintas di sekitar masjid untuk berbuka puasa dengan membagi-bagikan takjil.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Informasi yang dihimpun Solopos.com, dari berbagai sumber, ada beberapa masjid di Solo yang ada takjil, antara lain:

1. Masjid Sheikh Zayed
Masjid di Solo dan menjadi destinasi wisata religi di Kota Solo ini ada pembagian takjil bagi para jemaah. Tak tanggung-tanggung, masjid yang dibangun pemerintah UEA ini menyediakan 6.000 paket takjil tiap hari dengan menu yang berganti.

masjid di Solo yang ada takjil
Para pengunjung berbuka puasa di tenda yang disediakan Masjid Raya Sheikh Zayed, Rabu (29/3/2023). Masjid Sheikh Zayed menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil. (Solopos.com/Nova Malinda).

2. Masjid Agung Solo
Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini juga menjadi salah satu masjid di Solo yang ada pembagian takjil tiap Ramadan.

Pengurus masjid menyediakan ratusan paket takjil berbuka puasa untuk para jemaah maupun masyarakat yang akan membatalkan puasa saat azan Magrib berkumandang.  Salah satu masjid di Solo ini menyediakan takjil yang dibuat warga sekitar Masjid Agung.

masjid di Solo yang ada takjil
Masjid Agung menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil pada Ramadan tahun ini. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

3. Masjid Al Wustho Mangkunegaran
Salah satu masjid di Solo dan menjadi bagian dari Pura Mangkunegaran ini juga ada takjil di tiap Ramadan. Pengurus masjid menyediakan ratusan porsi paket takjil untuk dibagikan kepada masyarakat.

masjid di Solo yang ada takjil
Masjid Al Wustho menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil. (Dok)

4. Masjid Darussalam Jayengan Solo
Masjid di Solo ini juga ada takjil. Berbeda dengan masjid di Solo lainnya, pengurus masjid Darussalam menyediakan paket takjil berupa bubur samin khas Banjar Kalimantan Selatan.

Bubur yang hanya tersedia saat Ramadan ini justru menjadi ikon Masjid Darussalam. Pengurus masjid di Solo ini menyediakan 1.300 porsi takjil bubur samin. Yang menarik, pengurus memberikan kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk nonmuslim untuk menikmati bubur samin ini dengan membawa wadah sendiri dan mengantre.

Masjid di Solo yang ada takjil
Juru masak memproduksi Bubur Samin di Masjid Darussalam, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (23/3/2023). Masjid Darussalam menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil.(Solopos.com/Wahyu Prakoso)

5. Masjid Nur Mirah
Masjid di Solo yang berlokasi di Jl. Mr. Moh. Yamin Solo juga ada takjil bagi para jemaah dan masyarakat. Mengutip dari Youtube Nur Mirah TV, masjid di Solo yang bagikan takjil ini dengan sistem prasmanan. Sehingga, masyarakat bisa mengambil sesuai kebutuhan untuk berbuka.

Selain kelima masjid di Solo tersebut, ada beberapa masjid di Solo yang juga ada takjil dibagikan kepada seluruh jemaah yang membutuhkan makanan untuk berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya