Selama Pandemi, Tren Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Klaten Menurun
Ilustrasi Korban (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN – Selama pandemi Covid-19, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten mengalami penurunan. Hal itu tak lepas dari sepinya arus lalu lintas akibat pelaksanaan protokol kesehatan salah satunya berada di rumah.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, situasi arus lalu lintas sejak pertengahan Maret 2020 di Kabupaten Bersinar mulai sepi. Kasus kecelakaan lalu lintas selama kurun waktu Februari hingga menjelang akhir Mei 2020 terus mengalami penurunan.

Berturut-turut, tren penurunan kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten itu, yakni Februari 101 kecelakaan, Maret 86 kecelakaan. Lalu, April 51 kecelakaan dan awal Mei hingga 19 Mei 2020 sebanyak 37 kecelakaan.

Penurunan angka kecelakaan lalu lintas itu juga berbanding lurus dengan jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan. Secara terperinci, jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Klaten pada 2020 yakni Februari 14 korban, dan Maret 9 korban. Lalu, April 6 meninggal dunia dan awal Mei hingga 19 Mei 2020 ada satu korban meninggal dunia.

Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak Lagi Sejak Ramadan, Seperti Gelombang Ke-2

Protokol Covid-19

“Terjadinya penurunan angka kecelakaan lalu lintas dari bulan ke bulan ini jelas merupakan dampak munculnya pandemi Covid-19. Jalanan di Klaten sepi sehingga potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas juga berkurang drastis. Beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas lebih sering berlangsung di jalan kabupaten dibandingkan di jalan nasional atau pun jalan provinsi,” kata Kanitlaka Satlantas Polres, Iptu Panut Haryono, mewakili Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman dan Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Selasa (19/5/2020).

Iptu Panut Haryono mengatakan data angka kecelakaan yang berlangsung selama kurun waktu Februari-Mei 2020 jauh berbeda dibandingkan dibandingkan Februari-Mei 2019. Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten pada Februari 2019 mencapai 152 kecelakaan, Maret 131 kecelakaan, April 109 kecelakaan, dan Mei sebanyak 82 kecelakaan.

“Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan itu seringnya disebabkan kurangnya kehati-hatian dari para pengendara kendaraan. Di samping itu ada juga penyebab lain, seperti faktor jalan dan cuaca,” imbuh dia.

Kepala Seksi (Kasi) Dokkes Polres Klaten, Iptu Sriyanto, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, mengatakan penanganan korban meninggal dunia dalam kasus apa pun yang ditangani anggota polisi dilakukan sesuai protokol pencegahan Covid-19.

“Termasuk penanganan korban meninggal dunia kecelakaan lalu lintas diwajibkan memahami penanganan jenazah di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

14 Pedagang Asal Sragen di Pasar Ketanggung Ngawi Reaktif Rapid Test


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho