SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Belakang Mobil Penyok bekas ditabrak. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO-Apakah bengkel ketok mejik atau magic menggunakan bantuan makhluk halus atau mahkluk gaib? Mengapa bengkel ketok mejik atau magic selalu tertutup dan aktivitas teknisinya tidak boleh dilihat orang lain? Simak penjelasannya.

Ketika bodi mobil mengalami kerusakan, salah satu pilihan untuk memperbaikinya adalah membawanya ke bengkel ketok mejik atau magic. Di sana, mobil akan diperbaiki oleh para teknisi agar kembali mulus.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Namun, bengkel ini biasanya kondisinya tertutup oleh dinding di sekelilingnya. Saat para teknisi melakukan pekerjaan mereka, tidak boleh ada orang lain yang melihat mereka, bahkan sang pemilik mobil.

Apakah memang bengkel ketok mejik atau magic ini menggunakan kekuatan atau bantuan mistik makhluk halus atau makhluk gaib untuk pekerjaan mereka? Jawabannya adalah tidak.

Dikutip dari Moladin, ketok mejik sebenarnya merupakan bengkel reparasi bodi mobil yang terkenal dengan kecepatan perbaikannya. Selain itu, harganya juga terbilang ramah di kantong.

Dilansir dari beberapa sumber, pelopor ketok magic adalah Mbah Turut pada tahun 1976, kemudian dilanjutkan oleh muridnya bernama Kusmanadi yang merantau ke Yogyakarta pada tahun 1984 dengan nama bengkel “kenteng teter”.

Proses pengerjaan perbaikan yang cepat serta pemilik mobil tidak boleh melihat secara langsung porses perbaikannya dan dipatok dengan tarif yang ganjil menimbulkan persepsi konsumen di wilayah tersebut ada mahluk halus yang membantunya, sehingga munculah nama bengkel ketok mejik, menggantikan nama bengkel kenteng teter.

Singkat cerita, seiring berkembangnya bengkel tersebut, akhirnya Kusmanadi membuka bengkel ketok magic di Jakarta pada tahun 1988 di wilayah Condet, hingga sekarang menyebar di beberapa wilayah Jakarta.

 

Peralatan Bengkel Ketok Mejik

Meski terkenal dengan hasil yang mulus dan cepat serta harga yang kompetitif, bengkel perbaikan bodi mobil ini pada awalnya hanya menggunakan alat yang terbilang sederhana.

Adalah alat palu, teter dan lamak, keduanya terbuat dari bahan material besi baja berbentuk lempengan dengan berbagai bentuk untuk menyesuaikan kebutuhan saat proses perbaikan.

  • Teter

Teter dalah lempengan besi baja yang berfungsi untuk menahan ketukan palu dari depan pelat bodi mobil.

  • Lamak

Sementara lamak merupakan lempengan besi baja yang berfungsi untuk menahan ketukan palu dari bagian dalam atau belakang pelat bodi mobil.

Meski demikian, peralatan pendukung yang digunakan bengkel ketok magic saat ini selain menggunakan teter dan lamak serta palu juga menggunakan dent removal, hair dryer, serta kawat las.

 

Bengkel Selalu Tertutup

Sebagian kita mungkin bertanya-tanya mengapa bengkel dan seluruh proses pengerjaannya selalu tertutup? Itulah mengapa, tak sedikit yang mengira, ada praktik mistik di dalamnya.

Dikutip dari navri.og, pemilik bengkel ketok magic di kawasan Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Mahfud, mengaku, meski memakai kata magic yang sering dikaitkan dengan unsur gaib, namun bengkel ketok magic tidak menggunakan ilmu sihir, santet atau sejenisnya. Bengkel itu murni mengandalkan kepiawaian mekanik.

“Kalau pakai magis atau ilmu hitam, mah ngapain saya buka bengkel puluhan tahun. Pengerjaan di bengkel ketok magic biasanya lebih cepat, bodi penyok ringan bisa normal hanya dalam waktu satu jam di luar pengecatan ulang,” ujarnya.

Mahfud menambahkan, pintu bengkel yang ditutup saat pengerjaan berlangsung bukan tanpa alasan. Cara ini dilakukan, agar pekerja fokus dan tak terganggu dengan bisingnya suara dari luar selama melakukan proses pengetukan.

“Pintu ditutup memang sudah menjadi khas. Alasannya pertama, biar fokus dan tidak terganggu. Kedua, itu biar cara pengerjaan tidak ditiru bengkel lain,” terang Mahfud.

Ditambahkan dari Lifepal, nama metode perbaikan bodi kendaraan yang satu ini memang mungkin terdengar tidak seperti teknik perbaikan mobil pada umumnya. Bahkan, penamaan bengkel ketok mejik atau magic ini terdengar seperti menggunakan kekuatan sulap atau hal gaib sehingga terkesan hanya diketok saja akan memberikan hal sihir atau magis.

Akan tetapi, ketok mejik ini murni menggunakan tangan manusia.

 

Proses dan Cara Kerja Ketok Magic

Sebagaimana proses perbaikan mobil lainnya, teknik ini juga memiliki berbagai tahap yang tidak biasa dan terbilang menarik untuk dipahami. Berikut tahapannya:

 

  1. Tahap analisis

Pada tahap ini, ahli ketok mejik mobil akan melihat tingkat kerusakan, bagian-bagian yang penyok atau bahkan tergores (baret) dan membutuhkan penanganan. Selanjutnya akan ditentukan penanganan apa saja yang dibutuhkan dalam proses perbaikan tersebut sehingga kondisi mobil kembali seperti semula.

Proses analisis ini dimaksudkan untuk mengecek kondisi mobil dan menentukan berbagai langkah perbaikan yang perlu dilakukan. Setelah itu, barulah mobil akan dimasukkan ke dalam tempat khusus untuk proses perbaikan.

 

  1. Penentuan lokasi perbaikan kendaraan

Tidak seperti perbaikan mobil pada umumnya yang bisa dilakukan di tempat apa saja, teknik ini membutuhkan area khusus di mana proses perbaikan bisa berjalan dengan lancar.

Tempat tersebut harus nyaman dan bisa membuat para pekerja melakukan tugas mereka dengan baik. Hasil kerja yang didapatkan juga tentu jadi maksimal. Tempat khusus seperti ini juga akan memungkinkan pekerja bisa bekerja dengan bebas, tanpa perlu khawatir dengan keberadaan orang lain di sekitar mereka.

Dalam proses pengerjaannya, para pekerja biasanya memang tidak akan nyaman jika diawasi, bahkan oleh pemilik mobil sekali pun. Inilah yang membuat kenapa ketok magic jadi terkesan rahasia dan misterius.

 

  1. Proses pengerjaan

Proses ini umumnya dilakukan dengan berbagai peralatan yang jauh dari kata modern dan memadai. Meski begitu, hasil proses ini pada umumnya tidak mengecewakan, makanya masih banyak dipilih orang untuk perbaikan.



Umumnya bengkel modern menggunakan beragam peralatan canggih, sedangkan ketok magic justru masih menggunakan beragam peralatan sederhana.

Peralatan yang digunakan seperti alat pencapit khusus, martil, kawat, las, paintless dent removal, bahkan juga hair dryer yang dimodifikasi pengggunaannya untuk memanaskan bodi mobil agar menjadi lebih lentu atau fleksibel.

Hair dryer itu biasanya digunakan pada bagian bodi mobil yang penyok. Dengan panas dari alat itu, bagian tersebut akan menjadi lebih lentur dan bisa dikembalikan ke dalam bentuk semula dengan cara menariknya dengan kunci khusus.

Proses perbaikan ini akan berlangsung dengan cepat. Makanya jangan heran jika teknik ini hanya membutuhkan waktu satu malam saja untuk memperbaiki kondisi mobil menjadi seperti sedia kala, bagaikan sihir atau magic.

 

  1. Proses pengecatan

Jika bentuk bodi mobil sudah kembali seperti semula, tahap selanjutnya biasanya adalah proses pengecatan. Sebelum pengecatan dimulai, kondisi mobil harus dipastikan sudah benar-benar sempurna dan tidak lagi menyisakan penyok sedikit pun.

Dibutuhkan keahlian khusus dalam memilih warna cat yang akan digunakan dalam proses yang satu ini. Hal itu mengingat warnanya harus benar-benar sesuai dengan warna keseluruhan bodi mobil tersebut.

Langkah selanjutnya adalah proses pendempulan, yang dilakukan dengan hati-hati agar permukaan yang dihasilkan benar-benar halus.

Setelah pendempulan selesai, proses pengecatan bisa dilakukan dengan hati-hati, mengingat bagian yang dicat hanya yang mengalami kerusakan saja dan bukan keseluruhan bodi mobil.



Di sinilah penting dipastikan warna cat yang digunakan telah benar-benar sesuai dengan warna dasar mobil agar hasilnya tidak kelihatan belang. Pelindung cat khusus terkadang juga menjadi opsi yang dipakai.

 

  1. Proses finishing

Langkah terakhir adalah memastikan bahwa hasil pengecatan benar-benar bersih dan sesuai dengan warna permukaan mobil. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara membersihkan area yang sudah dicat, termasuk menggunakan cairan khusus untuk memoles hingga seluruh permukaan mobil mengkilap dengan rata.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya