Selalu Temui Rudy Saat Ke Solo, Ini Sederet Pesan Tjahjo Kumolo

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku mendapat banyak pesan berharga dari Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

 Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin salat jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin salat jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022), memberikan pesan terakhir yang memiliki arti mendalam bagi Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy.

Kedua tokoh PDIP asal Solo itu diketahui memiliki hubungan yang sangat dekat. Setiap kali Tjahjo ke Solo, mereka selalu bertemu. Pertemuan itu membahas apa saja tentang dinamika pemerintahan, partai politik (parpol), hingga masa depan bangsa.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Seperti yang terjadi pada 23 Mei 2022, Tjahjo berkunjung ke Solo untuk mengisi acara di Hotel Alila Solo dan acara Kejakgung belum lama ini. Saat itu Rudy ingin menemui Tjahjo untuk bersilaturahmi dan mendiskusikan sejumlah hal.

Tapi seperti biasanya, Tjahjo menolak permintaan itu. Tjahjo justru yang mendatangi rumah Rudy di Pucangsawit, Jebres, sore harinya. Dalam pertemuan yang berlangsung hingga Magrib itu mereka berbincang tentang parpol, urusan pemerintahan, dan masa depan bangsa. Tjahjo Kumolo juga memberikan banyak pesan untuk Rudy.

Sementara itu Rudy biasanya menyampaikan aspirasi terkait masa depan tenaga kerja dengan perjanjian kerja (TKPK). Pegawai yang jumlahnya mencapai ribuan orang di Pemkot Solo itu akan dihapuskan pada tahun depan.

Baca Juga: Puan Maharani: Tjahjo Kumolo adalah Om dan Eyang di Keluarga Kami

Rudy meminta agar Pemkot Solo tetap dibolehkan mempekerjakan para TKPK. Rudy sempat mencium tangan Tjahjo Kumolo seusai pertemuan karena Tjahjo mengamini permintaannya.

Kejadian Langka

Momen Rudy mencium tangan Tjahjo itu bisa disebut kejadian langka. Sebab selama ini Rudy tidak pernah melakukan hal itu. Rudy bersyukur Tjahjo merespons positif aspirasi Rudy agar para TKPK di Solo bisa tetap bekerja di Pemkot.

Sebagai sesama politikus PDIP dan sahabat, Tjahjo Kumolo sering memberikan pesan kepada Rudy tentang berbagai hal. Salah satu yang sangat diingat Rudy tentang pesan Tjahjo agar dirinya mempertahankan prinsip, sikap, dan komitmennya.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Rudy Kenang Momen Cium Tangan Gegara TKPK

“Pesan beliau secara pribadi untuk mempertahankan prinsip, sikap dan komitmen saya terhadap partai dan masyarakat,” ujarnya. Menurut Rudy, selama ini Tjahjo telah banyak memberikan sumbangsih positif untuk warga Solo.

Seperti ketika Tjahjo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Saat itu Rudy mengaku banyak dibimbing dan diarahkan Tjahjo. “Waktu jadi Mendagri, saya selalu dibimbing, diarahkan agar sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Rudy juga mengaku beberapa kali meminta tambahan formasi untuk aparatur sipil negara (ASN) Solo kepada Tjahjo. Permintaan itu pun direspons Tjahjo. “Walau formasi tidak sesuai, namun hal itu selalu diberi solusi beliau,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      Berita Terkini

      Komunitas Tuli Klaten Kenalkan Bahasa Isyarat di CFD Jl Mayor Kusmanto

      Sosialisasi bahasa isyarat dimaksudkan untuk mengenal budaya tuli, mengenal cara berkomunikasi dengan orang yang memiliki kondisi tuli.

      Wali Kota Gibran Sebut Pembangunan Replika Masjid Raya Sheikh Zayed Rampung

      Wali Kota Solo Gibran memastikan peresmian Masjid Syeikh Zayed al Nahyan di Gilingan dilaksanakan pada 17 November 2022.

      Rumah Warga Gondang Sragen Digerebek, Polisi Temukan Ratusan Butir Pil Koplo

      Satresnarkoba Polres Sragen menggerebek sebuah rumah di Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang, Sragen dan mendapati 300 pil koplo.

      Jembatan Mojo Ditutup, Jembatan Bacem Sukoharjo Jadi Tumpuan

      Pengguna jalan bisa menggunakan jembatan bacem Sukoharjo untuk memutar ke arah Bekonang atau sebaliknya.

      Polisi Jaga Ketat TKP Ledakan di Asrama Polisi Telukan Grogol Sukoharjo

      Polisi menjaga ketat lokasi ledakan di asrama brimob Sukoharjo yang menyebabkan satu anggota polisi terluka dan menjalani perawatan di RSUD dr. Moewardi Solo.

      Solopos Hari Ini: Amarta Binangun Potret Situasi Terkini

      Ribuan orang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Amarta Binangun yang digelar Solopos Media Group (SMG) yang dinilai relevan sebagai gambaran atas tantangan zaman di era disrupsi informasi serta rintangan yang harus dihadapi.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 26 September 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (26/9/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 26 September 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (25/9/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 26 September 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (26/9/2022), bisa disimak di sini.

      Jejak Pembantaian Melibatkan PKI di Solo, 4 Lokasi Ini Jadi Saksi Bisu

      Jejak pembantaian yang melibatkan anggota PKI di Kota Solo di empat lokasi di bawah ini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (26/9/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Senin, 26 September 2022.

      Saat Wawali Solo Teguh Prakosa dan Puspo Wardoyo Kenang Masa Muda di Sekolah

      Kegiatan temu kangen yang dikemas dalam bentuk Education Expo and Archipelago 2022 itu digeber di Kali Pepe Land milik Bos Wong Solo Group, Puspo Wardoyo.

      Di Jayengan Solo, Para Leluhur Tersenyum

      Kirab Budaya Jarwono merupakan perayaan keberhasilan warga Jayengan menjaga kerukunan antaretnis.

      26 September Hari Statistik Nasional, BPS Boyolali Prioritaskan Regsosek

      Salah satu kegiatan nasional prioritas BPS dalam waktu dekat adalah pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

      Mulai Banjir Pesanan, Pengrajin Topeng Ireng di Selo Boyolali Bisa Tersenyum

      Akibat pandemi Covid-19 pengrajin topeng ireng di Desa Tarubatang Selo Boyolali hanya mendapatkan pesanan satu hingga dua topeng ireng.

      ROUND UP: Ledakan di Asrama Polisi hingga Pentas Dara "The Virgin" di Sekaten

      Peristiwa ledakan di Asrama Brimob Telukan Sukoharjo mengagetkan tetangga sekitar dan bahkan membuat jendela rumah bergetar.