SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pelajar (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG — Siapa sangka sekolah yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah ini diklaim sebagai SMA tertua di Indonesia dan juga terluas di Asia Tenggara?

Sekolah ini memiliki luas lahan 4,2 hektar. Tak ayal, SMA ini juga mendapatkan predikat sebagai sekolah non-asrama terluas di kawasan Asia Tenggara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Viral Video Antrean Vaksinasi di Bandara Adi Soemarmo Boyolali

Sekolah yang dimaksud adalah SMA Negeri 1 Semarang. SMA ini pada 2018 silam juga memperoleh penghargaan sebagai sekolah terluas di Indonesia yang tercatat pada laman resmi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia.

elain terluas, SMA Negeri 1 Semarang juga diklaim sebagai SMA tertua di Indonesia. Sekolah ini didirikan pada 1936 saat masa penjajahan Belanda.

Baca Juga:  Cara Cek Tempat Penyewaan, Isi Ulang dan Pembelian Tabung Oksigen di Semarang

Akan tetapi, berdirinya SMA ini tak bisa lepas dengan lahirnya Hogre Burgerschool (HBS) di Semarang pad 1877.

Baca Juga: Cara Mengecek Akreditasi Kampus dan Prodi di BAN-PT, Untuk Pendaftaran CPNS 2021

HBS Semarang ini menjadi cikal bakal adanya SMA Negeri 1 Semarang. Kala itu, anak-anak yang bersekolah di HBS hanya keturunan Belanda, Eropa serta kalangan elit pribumi yang telah lulus ELS kelas I.

Kemudian, seiring berjalannya waktu bangunan HBS Semarang berubah menjadi SMA Negeri 1 Semarang pada 1936.

Baca Juga: Benarkah Hubungan Suami Istri di Malam Jumat Adalah Sunah Rasul?

Peresmian SMA terluas dan tertua di Indonesia kala itu dilakukan oleh Gubernur Hindia Belanda, Tjarda Van Starkenborgh Stachouwer.

sejarah SMAN 1 Semarang
Gerbang SMAN 1 Semarang (Buku SMA dari Masa ke Masa)

SMA Tertua di Indonesia, Pernah Jadi RS

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, pada masa penjajahan Jepang, gedung SMA Negeri 1 Smarang pernah enajdi pusat pendidikan militer Jepang.

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, Belanda mengambil alih gedung ini dan beralihr fungsi menjadi rumah sakit. Dan pada 1946, fungsi gedung ini dikembalikan menjadi sekolahan.

Baca Juga:  Awas! Lingkungan Tak Bersih Bisa Sebabkan Jamur pada Paru-paru

Kini, SMA Negeri 1 Semarang tumbuh menjadi salah satu sekolah favorit di ibu kota Jawa Tengah itu.

Apalagi SMA satu ini menerapkann inovasi kurikulum yang berbasis pembelajaran daring, menggunakan scoolgy, quiefer, Edmodo yang dikembangkan menjadi modul elektronik untuk para siswa.

Baca Juga:  Formasi Lengkap CPNS dan PPPK Kota Solo 2021, Download Sekarang!

Selain itu, lulusan SMA Negeri 1 Semarang juga banyak diterima di PTN favorit dan juga sekolah kedinasan. Hal inilah yang membuat sekolah tersebut semakin digemari di tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya