SOLOPOS.COM - Informasi mengenai penyelenggaraan Solo Indonesia Culinary Festival pada Kamis-Minggu (4-7/8/2022) di Benteng Vastenburg, Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Panitia festival kuliner bertajuk Solo Indonesia Culinary Festival 2022 tidak hanya akan menyediakan 1.000 porsi tengkleng untuk dibagikan secara gratis kepada warga selama acara di Benteng Vastenburg Solo, 4-7 Agustus 2022.

Sebanyak 20.000 porsi sambal juga bakal dibagikan gratis. Per hari ada 5.000 porsi sambal yang dibagikan. Ribuan porsi sambal itu terdiri atas 16 jenis sambal nusantara. Salah satunya sambal ganja khas Aceh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana Solo Indonesia Culinary Festival 2022 Daryono kepada wartawan, Rabu (3/8/2022). “Sehari kami membagikan 5.000 porsi [sambal], antara lain ada tempoyak, ada sambal ganja dari Aceh, sambal matah dari Bali,” katanya.

Selain sambal nusantara, ada pula 11 jenis sambal dari negara-negara anggota ASEAN yang menjadi peserta ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kota Solo. Daryono mengatakan tema festival kuliner Solo tahun ini memang soal pesona citarasa sambal.

Menurut Daryono, pemilihan sambal untuk tema festival kuliner ini adalah ide dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. “Indonesia ada tiga macam atau ragam kuliner setiap daerah, yakni soto, satai, dan sambal,” paparnya.

Baca Juga: Yuk ke Festival Kuliner Solo, Ada 1.000 Porsi Tengkleng Gratis Lho!

Festival kuliner itu akan dibuka Gibran pada Rabu pukul 19.00 WIB. Sejumlah atraksi ditampilkan pada selama kegiatan berlangsung, antara lain ngulek sambal, juggling bartender, bakar ikan, lomba memasak, dan lomba foto.

Sedot 25.000 Pengunjung

Daryono berharap acara itu bisa menyedot 25.000 pengunjung dan minimal transaksi Rp1,5 miliar. “Tahun ini dari 120-an booth terdiri dari sekitar 150 pelaku UMKM,” ungkapnya.

Festival akan berlangsung pukul 10.00 WIB sampai 21.30 WIB selama empat hari. Beragam makanan khas Solo dan Jawa akan disajikan dengan menu yang berganti setiap harinya. Menteri Pariwisata dan Ekonom Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga diundang pada acara tersebut.

Baca Juga: Buka Peluang Usaha, Pemkot Solo Gelar Pelatihan Memasak dan Merias

Berdasarkan catatan Solopos.com, Solo Indonesia Culinary Festival merupakan agenda tahunan yang digelar untuk mempromosikan berbagai produk kuliner Solo dan nusantara. Tahun lalu, festival kuliner ini digelar pada 22-24 Oktober 2021 di Mal Solo Square.

Promosi acara tersebut pada tahun lalu cukup unik karena melibatkan puluhan ekor sapi milik peternak dari Boyolali dan Karanganyar. Sapi-sapi itu ditunggangi di jalanan tengah kota hingga ke kawasan Alun-Alun Utara Keraton Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya