SOLOPOS.COM - Warung makan rica-rica daging anjing di Solo, Minggu (18/2/2018). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Konsumsi daging anjing di beberapa daerah di Indonesia kerap mendapat sorotan. Selain rentan penyebaran rabies, kuliner daging anjing disorot karena penyembelihannya dianggap menyiksa hewan.

Di Kota Solo dan sekitarnya banyak penjual olahan daging anjing. Warung itu biasa disebut dengan warung rica-rica jamu, rica-rica gukguk, atau sate gukguk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data dari Animal Friends Jogja (AFJ) menyebut ada 12.840 anjing yang disembelih di Solo tiap bulan selama 2017. Artinya selama 2017, ada 154.080 anjing yang dibantai untuk dikonsumsi menjadi kuliner.

Eks Tukang Rosok Di Klaten Kantongi Rp80 Juta/Bulan Dari Jualan Sup Ayam

Meski banyak ditentang, kuliner daging anjing tetap berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari anjing yang memiliki nilai sosial budaya bahkan ekonomis bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Berikut sejumlah daerah di Indonesia sebagaimana dikutip dari jeda.id, Sabtu (29/2/2020)

Nusa Tenggara Timur

Di wilayah Kupang, NTT, tidak sulit untuk menemukan warung yang menjual daging anjing. Di tempat ini, daging anjing biasa disebut dengan RW. RW kependekkan dari rintek wu’uk atau bulu halus sebagai sebuah penghalusan untuk anjing.

Di daerah ini, kuliner daging anjing diolah dengan masakan pedas. Di beberapa tempat makan, menu yang dituliskan biasanya bernama nasi RW. Anggota komunitas Dog Lovers Kupang Krispinus Sehandi mengaku dulu sering mengonsumsi daging anjing.

”Awalnya saya makan daging RW tapi sekarang tidak lagi. Saya pernah melihat proses pembunuhan anjing yang sangat mengerikan yang bertentangan dengan apa yang saya pelajari di kampus. Apallagi ketika saya dapat survei diwarung daging RW, di mana proses pembuatannya sangat tidak higenis bahkan asal usul daging anjingnya tidak tahu dari mana,” jelas dia sebagaimana dikutip dari laman perkumpulanpikul.org.

Sumatra Utara

Tidak sulit menemukan warung yang menjual olahan daging anjing di Medan, Sumatra Utara. Hal yang sama bila berada di Karo. Di Medan, ada Jl. Jamin Ginting yang terkenal sebagai surganya restoran daging anjing.

Untuk menyamarkan penjualan olahan daging anjing, ada istilah B1 untuk menunjukkan kuliner daging anjing. B1 berasal dari kata biang yang dalam bahasa Batak artinya anjing. Penggunaan kode B1 ini juga untuk membedakan dengan daging babi yang berkode B2.

Perampok Bersenpi Satroni Gudang Wonogiri Di Siang Bolong, Korban Diikat Dan Mulut Dilakban

Daging anjing merupakan salah satu kuliner Batak sejak berabad-abad lalu. Biasanya olahan daging anjing disajikan di wilayah yang dihuni mayoritas Kristen. Daging anjing dipandang sebagai penambah stamina dan obat beberapa penyakit. Selain itu, harga daging anjing jauh lebih murah dibanding daging babi.

Sulawesi Utara

Ilustrasi penjualan anjing
Ilustrasi penjualan anjing (JIBI/Bisnis Indonesia)

Di provinsi ini ada Pasar Tomohon yang terkenal karena menjual berbagai daging hewan seperti anjing, kucing, dan lainnya. Perdagangan daging anjing di Sulawesi Utara bukan cerita baru.

Selain Pasar Tomohon, ada Pasar Langowan, Pasar Pinasungkulan di Manado, serta pasar tradisional lain. Lebih dari 100 pasar tradisional dan modern di provinsi ini terang-terangan menjual daging anjing, kucing, kelelawar, dan daging ular.

Tak Lagi Menguntungkan, Pasar Hewan Di Kota Madiun Akan Ditutup

Banyaknya daging anjing yang dijual karena permintaannya juga tinggi. Banyak restoran di Manado yang menyediakan daging RW. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan pasar yang menjual daging anjing melekat dengan budaya kuliner masyarakat Minahasa yang gemar memakan ‘daging unik’. Sehingga kebiasaan itu tidak perlu untuk dihentikan.

“Enggak perlu disetop, mereka yang makan merasa sehat-sehat saja. Malah yang lebih parah orang makan otak kera yang baru dipotong dan langsung dihisap itu di Jakarta, itu enggak diekspos. Ini yang saya herankan, di sini orang sakit asma malah banyak makan daging anjing,” papar Olly pada 25 Januari 2018 sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Bali

Perdagangan daging anjing di Bali sudah mencuat sejak lama. Sebagian besar perdagangan anjing di Bali untuk kebutuhan konsumsi. Tidak sedikit warung yang menyajikan kuloner daging anjing di Bali. Tidak sedikit wisatawan tertipu makan daging anjing yang dijajakan pedagang asongan dalam bentuk sate.

Namun, kini gerakan untuk menghentikan perdagangan daging anjing kian gencar disuarakan. Gerakan melalui adat dilakukan seperti di Desa Sanur Kaja. Di desa ini ada peraturan desa yang melarang setiap orang menganiaya dan atau membunuh dan mencuri anjing.

Dilarang mengedarkan makanan yang berbahan daging anjing. Perdes tersebut juga melarang daging anjing untuk disimpan, diperjualbelikan, maupun dikonsumsi, serta melarang membuang anjing dalam keadaan hidup atau mati di wilayah desa tersebut.

Soloraya

Kuliner daging anjing di Kota Solo dan sekitarnya (Soloraya) sudah lama terdengar. Di tempat ini, warung yang menjual olahan daging anjing dulu disebut dengan rica-rica jamu. Banyak orang luar daerah yang tertipu. Tidak lama kemudian, pemerintah daerah setempat meminta nama diubah menjadi warung sate atau rica-rica gukguk.

Di Soloraya ada lebih dari 100 warung yang menjual olahan daging anjing. Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menyebut ada 13.000 anjing dipasok dari luar daerah untuk memenuhi kuliner daging anjing di Soloraya.

Ditinggal Beri Makan Sapi 15 Menit, Honda Beat Milik Warga Gesi Sragen Raib



Pemkab Karanganyar mengawali gerakan untuk menghentikan perdagangan daging anjing. Pedagang kuliner daging anjing atau pemilik warung sate gukguk diberi modal untuk beralih usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya