Tutup Iklan
Selain Sensor Kantuk, Ini Sederet Fitur Baru BST Solo
Pengemudi BST, Efendi menjelaskan cara kerja sensor kantuk bagi sopir, Sabtu (4/7/2020) di Balaikota Solo. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambahkan fitur baru bus pada Batik Solo Trans atau BST yang akan beroperasi di koridor 3 dan 4. Fitur itu di antaranya berkaitan dengan sistem keamanan.

Fitur baru BST Solo itu di antaranya peringatan dini jika sopir mengantuk. Piranti ini terdiri atas dua komponen utama yakni sensor dan alarm. Sensor tersebut berada di dasbor dengan posisi menghadap ke wajah sang sopir.

Cara kerjanya, sensor ini terus “mengawasi” mata sopir selama bus beroperasi. Jika sensor ini mendapati mata sopir terpejam beberapa saat, seketika itu pula alarm berbunyi. Alarm ini diikuti suara peringatan (berbahasa Indonesia) agar sopir segera beristirahat.

Pada acara peluncuran BST koridor 3 dan 4 di Pendapi Gede kompleks Balaikota Solo, Sabtu (4/7) salah satu petugas pengemudi bus, Efendi mendemonstrasikan fitur baru sensor ini kepada Solopos.com.

Kasus Positif Covid-19 Colomadu dari Klaster Pemudik Tambah 1

"Jadi kalau posisi kita ngantuk, ada sensornya [alarmnya]," ujarnya sambil memejamkan mata. Dan seketika itu juga alarm dan peringatan pun langsung berbunyi.

Fitur baru kedua adalah closed circuit television (CCTV). Di bus tersebut kini dipasang enam kamera di dalam dan di luar bus. Kamera ini terhubung dengan layar/displai yang berada di dasbor sopir.

Dengan fasilitas ini, sopir dapat memantau situasi di dalam dan luar bus dengan mudah, misalnya untuk melihat kendaraan lain di belakangnya. Sementara itu, seperti layar CCTV pada umumnya, pengguna dapat memilih salah satu kamera yang menjadi fokus perhatian.

"Kita bisa lihat enam layar sekaligus atau memilih salah satu yang menjadi perhatan," imbuh Efendi.

Fitur baru BST Solo lainnya adalah piranti pengeras suara untuk menyampaikan informasi dari awak bus kepada penumpang. Informasi ini misalnya tentang situasi di jalan yang sedang dilalui bus, situasi pemberhentian terdekat, dan lainnya.

Besok Ujian Tulis SBMPTN Gelombang Pertama


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho