SOLOPOS.COM - Gunung Api Purbu di Desa Nglanggeran. (Facebook)

Solopos.com, GUNUNG KIDUL — Desa Nglaggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, ditetapkan organisai wisata dunia (UNWTO) menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia 2021. Desa ini juga termasuk desa wisata hidden gem karena lokasinya yang di pelosok.

Desa ini menawarkan keindahan alam dan keunikan Gunung Api Purba kepada wisatawan yang berkunjung. Puluhan home stay atau tempat penginapan juga sudah disiapkan untuk pengunjung agar mendapatkan pengalaman seru merasakan suasana pedesaan.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Wisatawan juga dapat berbaur dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Tak hanya itu, wisatawan akan diberikan pengetahuan mengenai berbagai hal seperti flora fauna, mengolah cokelat sebagai oleh-oleh khas, membatik, hingga unggah-ungguh.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Selain Nglanggeran, desa wisata di Gunung Kidul yang memiliki potensi yang sama yakni wilayah Mulo, Desa Tepus, dan juga desa wisata lainnya.

Dikutip dari laman Pemprov Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY), Senin (17/1/2022), desa wisata tersebut sudah sesuai dengan visi Dinasi Pariwisata DIY yaitu menjadikan destinasi pariwisata terkemuka berbasis budaya di Asia Tenggara yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Awal Mula Desa Wisata Nglaggeran

Pegiat Desa Nglaggeran Sugeng Handoko membeberkan Nglanggeran menjadi desa untuk rekreasi setelah para pemuda setempat ingin menjaga lingkungan dan memimpikan Kawasan Gunung Merapi Purba tak cuma dimanfaatkan warga setempat untuk mengambil kayu, batu, dan lainnya.

Mereka kemudian membuat Embung Nglanggeran untuk mengairi sawah agar dapat panen dua kali dalam setahun. Minimnya air dikawasan tersebut juga menjadi alasan dibuatnya embung.

Baca Juga: Buka di Luar Hari Pasaran, Pasar Bahulak Sragen Gelar Aneka Pertunjukan

Warga terus berinovasi hingga akhirnya Nglanggeran menjadi desa wisata. Selain mengajak interaksi dan memberi pengetahuan kepada wisatawan, warga setempat juga menjadikan rumahnya menjadi home stay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya