Selain Ponsel, Empat Hal ini Mengganggu Pengemudi
Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Mengemudi dengan perhatian yang terbagi memiliki konsekuensi sangat fatal. Konsekuensi paling minim adalah kecelakaan ringan, sedangkan konsekuensi maksimalnya dapat berujung kematian, baik kematian si pengemudi maupun orang lain di sekitar.

Banyak orang yang menganggap bahwa telepon genggam adalah alat pengalih perhatian yang paling utama ketika mengemudi.

Banyak negara yang menerapkan peraturan bahwa mengemudi sambil menelepon maupun mengirim pesan di telepon genggam adalah suatu pelanggaran. Indonesia pun tak ketinggalan menerapkan hal tersebut.

Sayangnya, tindakan memainkan telepon genggam sambil mengemudi masih sering dilakukan, dan hal itu luput dari pantauan polisi. Bahkan, tak hanya pengemudi mobil yang memainkan ponsel, tapi pengemudi kendaraan roda dua pun ada yang menelepon sambil mengemudi.

Akan tetapi, hal yang dapat mengalihkan perhatian pengemudi ternyata bukan hanya telepon genggam. Ada hal lain yang juga dianggap beresiko untuk mengganggu perhatian pengemudi. Berikut ini adalah empat hal lain yang juga dapat mengalihkan perhatian pengemudi kendaraan.

 1. Hewan peliharaan
Anjing mungkin merupakan sahabat terbaik manusia, tapi tidak jika sedang di balik kemudi. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Automobile Amerika pada 2010 menyatakan bahwa sekitar 60% pengemudi teralihkan perhatiannya karena hewan peliharaan, termasuk memberi makan dan minum hewan peliharaan atau bermain dengan hewan itu.

Seperlima responden menyatakan bahwa mereka mengemudikan kendaraan sambil memangku anjing. Hewan yang tidak diikat ketika berada di dalam kendaraan juga dapat mengakibatkan bahaya.

Hewan yang tiba-tiba lompat ke pangkuan pengemudi dapat menyebabkan kaget, dan bisa saja secara tidak sengaja pengemudi juga memutar setir mobil yang bisa berakibat fatal.

2. Anak-anak
Jika Anda adalah orangtua, berapa kalikah Anda menengok ke kursi belakang untuk memberi anak Anda minum, memisahkan anak Anda yang berantem, atau untuk mengecek kenapa anak Anda menangis.

Juga, beberapa orangtua mengalami teralihkan perhatiannya karena anak mereka melempar mainan. Anak-anak bisa menjadi pengalih perhatian yang utama ketika mengemudi. Karena itu, usahakan mengajak orang dewasa lain untuk menjaga anak-anak ketika sedang berada di dalam mobil.

3. Makanan dan minuman

Banyak orang yang makan dan minum di dalam kendaraan, mungkin Anda termasuk salah satunya. Melepas tangan Anda dari setir untuk mengambil makanan atau minuman adalah tindakan yang berbahaya. Akan tetapi, menumpahkan minuman atau kopi ke baju Anda dapat membuat Anda sangat terkejut dan mobil pun bisa lepas kendali.Mobil Anda tak perlu lepas kendali hingga pindah jalur untuk menyebabkan kecelakaan.

Ada gerakan sedikit dari mobil Anda pun sudah dapat menyebabkan kecelakaan apabila saat itu sedang ramai motor di samping mobil Anda.

4. Musik

Beberapa orang mengemudi dalam keadaan yang sunyi senyap. Namun, ada juga yang mengemudi sambil mendengarkan radio maupun musik. Sayangnya, musik pun bisa mengalihkan perhatian pengemudi dari jalanan. Misalnya adalah ketika pengemudi harus memindahkan saluran radio, mengganti CD musik, atau hanya sekadar membesarkan suara musik. Suara musik yang terlalu bising juga dapat mencegah pengemudi untuk mendengar suara sirine atau klakson mobil sehingga pengemudi itu membahayakan pengemudi lain.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom