Wisatawan menikmati sensasi riverboarding di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. (Pariwisataklaten.go.id)

Solopos.com, SOLO — Kekondangan Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah tak diragukan lagi. Salah satu objek wisata air di Kabupaten Bersinar itu bukan hanya ramai dikunjungi wisatawan domestik, namun juga sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan asing, seperti wisatawan dari Malaysia.

Objek wisata Umbul Ponggok Klaten ramai dikunjungi lantaran menyajikan lokasi yang Instagram-able. Para pengunjung biasanya mengabadikan momen di bawah air yang sangat jernijh dan kemudian memerkannya di media sosial mereka.

Namun, jika ingin mencari alternatif objek wisata selain Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten masih memiliki segudang objek wisata air. Berikut sejumlah objek wisata air yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Klaten:

1. Umbul Manten
Umbul Manten termasuk salah satu sumber mata air di Klaten yang menawan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Objek wisata air di Klaten ini terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo. Jika membandingkan tentang kejernihan air antara Umbul Manten dan Umbul Ponggok, keduanya bisa dibilang sama baiknya, namun di Umbul Manten tidak banyak ikan yang berkeliaran.

Salah satu hal yang membuat Umbul Manten Instagramable adalah pohon besar dengan akarnya yang begitu banyak tampak di bawah air. Objek wisata Umbul Manten biasanya ramai saat hari libur atau pada akhir pekan. Untuk masuk ke Umbul Manten, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp6.000.

2. Umbul Kapilaler
Bila Anda sedang mengalami kesulitan finansial, ada tempat wisata air di Klaten yang gratis, yaitu di Umbul Kapilaler. Wisata air ini terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok.

Liputan6.com menyebut lokasi Umbul Kapilaler cukup nyaman karena terdapat beringin besar dan bebatuan yang memagari Umbul Kapilaler. Dengan begitu, pengunjung bisa bermain air tanpa takut kepanasan.

3. Riverboarding Sungai Pusur
Objek wisata riverboarding atau berselucur menggunakan papan di sungai sudah ada di Kabupaten Klaten. Objek wisata riverboarding di Klaten itu terletak di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten, objek wisata riverboarding di Kali Pusur baru dibuka pada 2012 silam. Meski beitu, salah satu objek wisata air di Klaen tersebut sudah ramai dikunjungi pelancor yang kebanyakan dari Jogja dan Solo.

Itu tadi beberapa objek wisata air di Klaten selain Umbul Ponggok. Beberapa objek wisata tersebut bisa menjadi pilihan agar tujuan wisata air di Klaten yang Anda lakukan anti-mainstream.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten