SOLOPOS.COM - Palangkaraya dilihat dari Sungai Kahayan (Wikipedia)

Pemerintah mengkaji dua alternatif lokasi pemindahan ibu kota selain Palangkaraya.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah mengkaji pemindahan Ibu Kota Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa. Selama ini, Palangkaraya menjadi nama yang paling santer disebut-sebut sebagai pengganti DKI Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimuljono mengatakan selain Palangkaraya, kota lain di dua provinsi Kalimantan lainnya juga jadi alternatif.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pak Bambang [Brodjonegoro, Kepala Bappenas] kan bilang ada beberapa alternatif ya. Ada di Kalimantan Tengah, Timur, atau Selatan,” katanya, di Istana Wakil Presiden, Rabu (5/7/2017).

Basoeki mengatakan kajian mendalam terkait kelayakan pemindahan Ibu Kota masih dilakukan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Kajian tersebut meliputi urgensi pemindahan dan kelayakan fungsi Ibu Kota. Bila memang kajian memutuskan layak pindah, baru akan ditentukan Ibu Kota baru.

Basoeki mengatakan pihaknya baru akan bergerak apabila sudah ada keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kajian dari Bappenas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya