Selain King Cobra, Sinyo Pelihara Juga Piton yang sekali Makan 15 Kg Ayam
Suryo Negoro Basuki alias Sinyo memberi makan berupa ular hidup kepada ular jenis king cobra di depan rumahnya, Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Minggu (2/2/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Hobi memelihara ular sudah dilakoni Suryo Negoro Basuki alias Sinyo sejak kecil. Sehingga tidak aneh bila pemuda asal RT 012/RW 003, Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, suka memelihara king cobra. Bahkan ia merasa nyaman dan tidak khawatir dengan hewan peliharannya ini.

Sinyo mengaku memang memelihara ular sejak masih berusia 4 tahun. Saat masih kecil, ia kerap mencari ular di sawah dan di hutan. Setelah menemukan ular kemudian dirawatnya.

Hobi semasa kecilnya itu pun terbawa hingga remaja dan dewasa. Dahulu saat kecil, Sinyo hanya memelihara ular yang tidak berbisa. Tetapi setelah remaja hingga saat ini, ia lebih memilih memelihara ular berbisa. Bahkan ular berbisa seperti king cobra.

Kenalkan Pahing, Sapi Istimewa Asal Blitar yang Punya 2 Mulut dan 4 Mata

Dari bertahun-tahun memelihara ular itu membuat dirinya lebih mengenali karakter berbagai ular. Dengan memahami karakter ular itu ternyata sangat membantunya saat berkomunikasi dengan ular-ular peliharannya.

"Sejak kecil sampai sekarang belum pernah digigit ular. Karena saya punya pedoman bagaimana memperlakukan ular. Kalau king cobra, dipegang sembarang, pasti akan langsung diserang. Ada cara yang harus dilakukan supaya tidak diserang," kata dia, Minggu (2/2/2020).

Menurutnya, ular king cobra tidak bisa menjadi jinak. Untuk itu, saat melihat ular king cobra diusahakan menghindari kontak langsung. Untuk memegangnya diusahakan menggunakan tongkat.

Tulang yang Diduga Fosil Hewan Purban Ditemukan di Madiun

"Kalau kobra jawa, saat berdekatan harus mengenakan kaca mata. Karena kobra ini bisa menyemburkan bisa sampai ke mata. Itu sangat berbahaya," jelasnya.

Sinyo tidak hanya memiliki king cobra yang diberi nama Tejo. Tetapi, pemuda yang kini bekerja di tempat wisata Umbul Square Madiun itu juga memiliki puluhan ekor ular buas lainnya.

Hingga saat ini, ia memiliki 15 indukan ular piton, lima piton jantan, dan 9 ekor king cobra. Tetapi untuk saat ini, sebagian ular tersebut masih dititipkan di rumah temannya karena keterbatasan kandang di rumahnya.

Keren! Dari Sedotan Bambu, Pemuda Madiun Raih Omzet Rp90 Juta/Bulan

"Ini di rumah hanya ada empat ekor ular piton dan dua king cobra. Untuk king cobra yang satu ekor masih kecil," jelasnya.

Semua jenis ular yang dipelihara, kata dia, hanya makan sepekan sekali. Untuk satu ekor ular king cobra dewasa biasanya menghabiskan 2,5 kg ular hidup, sedangkan untuk ular piton menghabiskan 15 kg daging ayam dalam sekali makan.

"Enggak setiap hari makannya. Ya itu kalau makan sepekan sekali, tapi ya langsung banyak," kata Sinyo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho