SOLOPOS.COM - Tamansari Jogja (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda di Solo, Jawa Tengah, juga terdapat taman air Tamansari hlo yang tak kalah indah dengan yang ada di Jogja?

Tamansari di Kota Bengawan ini berbeda dengan Tamansari di Jogja, terutama dari segi lokasinya. Jika Tamansari di Jogja berada di luar Keraton Yogyakarta, Tamansari di daerah yang kini dipimpin oleh Wali Kota Gibran Rakabuming Raka ini berada di dalam area keraton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari unggahan pengelola akun Instagram @lampaubercerita, Tamansari di Kota Bengawan ini disebut dengan Tamansari Bandengan.

Baca Juga: Resep Bestik Khas Solo, Makanan Favorit Bhre Mangkunagoro X

Karena berada di dalam area Keraton Solo, Tamansari Bandengan ini tak semua orang bisa masuk, kecuali keluarga raja, abdi dalem maupun orang yang diizinkan masuk oleh pihak keraton.

Tamansari Bandengan ini menurut pengelola akun @lampaubercerita dibangun pada 1750 dan terletak di barat Sasana Narendra atau Ndalem Nganjrah Sari dan timur replika Gunung Meru.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Pawang Hujan dalam Islam?

Adapun taman air ini berbentuk persegi panjang dengan kolam air di tengahnya. Di tengahnya berdiri bangunan kokoh yang disebut Balekambang.

Bangunan di Tamansari Bandengan Solo ini berfungsi sebagai tempat raja ata keluarga inti untuk melakukan meditasi.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Maret 2022 Beserta Lafal Niatnya

“SSDISKS Paku Buwana (PB) XIII sebelum naik tahta menjadi Raja Surakarta pernah mendapat pengalaman spiritual di sini dengan beberapa kejadian non-ilmiah, hingga ketika diceritakan kepada Sawargi Sinuhun PB XII, beliau terkejut bahwa itu bukan fenomena biasa. Cerita lain yang terjadi di sini,” ungkap pengelola akun Instagram @lampaubercerita dalam unggahannya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ceritera Lampau (@lampaubercerita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya