Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

 Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Calon penerus Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX sebagai penguasa Pura Mangkunegaran Solo yang wafat pada Jumat (13/8/2021) lalu hingga kini belum ada kejelasan.

Sejauh ini, dua putra KGPAA Mangkunagoro IX yakni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegara disebut-sebut sebagai calon kuat menyandang gelar KGPAA Mangkunagoro X.

Namun demikian, mantan Ketua Pengurus Pusat Himpunan Keluarga Mangkunegaran (HKMN) Suryasumirat sekaligus Ketua Harian Yayasan Mangadeg Jateng-DIY, Hartono W Kusumo, punya pendapat berbeda.

Baca Juga: 2 Calon Penguasa Pura Mangkunegaran Penerus Mangkunagoro IX: Paundrakarna atau Bhre Cakrahutomo?

Hartono menilai kedua putra KGPAA Mangkunagoro IX itu tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin kadipaten Islam penerus Mataram. Ia menyebut ada sosok lain yang memenuhi syarat yakni KRMH Roy Rahajasa.

pura mangkunegaran solo
Hartono W Kusumo. (Istimewa)

“Roy adalah cucu sulung MN [Mangkunagoro] VIII dan cucu Mr Moh Yamin yang merupakan salah satu bapak pendiri bangsa, sahabat Bung Karno dan pencetus Pancasila. [Roy] Memiliki genetik yang unggul. Insya Allah diridai Allah SWT,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (26/9/2021).

Hartono menjelaskan sejarah menunjukkan tidak ada pola baku dalam suksesi kepemimpinan Pura Mangkunegaran Solo. Contohnya suksesi MN II yang merupakan cucu MN I. MN III yang merupakan pengganti MN II adalah cucu dari MN II.

Baca Juga: Terkait Suksesi di Pura Mangkunegaran Solo, Begini Tanggapan Keluarga

Sayidin Panatagama

Kemudian MN IV merupakan adik MN III dan MN VI juga adik dari MN V. Para penerus itu bukan putra pemimpin yang jumeneng pada saat itu tetapi punya prestasi yang membanggakan. “Demikian juga KRMH Roy Rahajasa bisa menjadi calon MN X,” katanya.

Menurutnya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegara tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin kadipaten Islam penerus Mataram sebab harus menjadi Sayidin Panatagama.

Namun begitu, keduanya bisa diberikan tugas yang terhormat. “Ketiga mutiara itu wajib bersatu dalam kepemimpinan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat budaya bangsa. Tentunya dengan semangat tiji tibeh, mukti siji mukti kabeh,” ungkapnya.

Baca Juga: Penguasa Mangkunegaran Solo Mangkunagoro IX Wafat

Kedua putra MN IX bisa mengambil peran menjadi Pepatih Dalem/Perdana Menteri yang memimpin eksekutif sehari-hari. Selain itu menjadi Ketua dewan adat yang menetapkan aturan-aturan di kalangan pura sekaligus menjadi penasihat Mangkunagoro X.

Hartono menjelaskan para senior kerabat Pura Mangkunegaran Solo sudah menata dengan baik konstruksi kelembagaan Mangkunegaran untuk mendukung misi yang Mangkunegoro.

Misi utama Mangkunagoro adalah menjaga kelestarian serta mengembangkan budaya leluhur baik dalam seni tari, tembang, pustaka, adat istiadat, filsafat serta kearifan lokal. Dengan demikian, eksistensi Pura Mangkunegaran sebagai cagar budaya serta pusat budaya nasional dapat dipertahankan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Targetkan Rp1,3 Miliar, Penggalangan Dana PMI Boyolali Diperpanjang

Penggalangan dana PMI diperpanjang karena saat ini capaian dana baru terkumpul Rp1,02 miliar atau setara 74,84 persen.

Peringati Hari Santri, Santri di Bendan Boyolali Diajak Bersihkan Kali

Kegiatan bersih sungai ini melibatkan 50-an santri putra Daarul Fath jenjang aliah atau setara SMA/SMK.

Catat! Jadwal Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Banyak Warga Ambil Formulir Pendaftaran Perangkat Desa di Wonogiri

Banyak warga telah mengambil formulir pendaftaran pengisian perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

Duta Sheila on 7 Pun Ikut Antre Singkong Keju Produksi Jatinom Klaten

Duta, vokalis Sheila on 7, pernah ikut antre di outlet Singkong Keju Meletus pada awal produksi sekitar 2006.

Jadwal Pemadaman Listrik Klaten Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama enam jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Awas! Curah Hujan Jateng Diprediksi Sangat Tinggi pada Akhir Tahun

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta masyarakat di wilayah rawan bencana bersiap siaga menghadapi kemungkinan bencana akibat curah hujan tinggi akhir tahun ini.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.

Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Pria asal Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu memulai usaha olahan singkong ketika masih kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2006.

Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.