Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

 Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Calon penerus Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX sebagai penguasa Pura Mangkunegaran Solo yang wafat pada Jumat (13/8/2021) lalu hingga kini belum ada kejelasan.

Sejauh ini, dua putra KGPAA Mangkunagoro IX yakni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegara disebut-sebut sebagai calon kuat menyandang gelar KGPAA Mangkunagoro X.

Namun demikian, mantan Ketua Pengurus Pusat Himpunan Keluarga Mangkunegaran (HKMN) Suryasumirat sekaligus Ketua Harian Yayasan Mangadeg Jateng-DIY, Hartono W Kusumo, punya pendapat berbeda.

Baca Juga: 2 Calon Penguasa Pura Mangkunegaran Penerus Mangkunagoro IX: Paundrakarna atau Bhre Cakrahutomo?

Hartono menilai kedua putra KGPAA Mangkunagoro IX itu tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin kadipaten Islam penerus Mataram. Ia menyebut ada sosok lain yang memenuhi syarat yakni KRMH Roy Rahajasa.

pura mangkunegaran solo
Hartono W Kusumo. (Istimewa)

“Roy adalah cucu sulung MN [Mangkunagoro] VIII dan cucu Mr Moh Yamin yang merupakan salah satu bapak pendiri bangsa, sahabat Bung Karno dan pencetus Pancasila. [Roy] Memiliki genetik yang unggul. Insya Allah diridai Allah SWT,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (26/9/2021).

Hartono menjelaskan sejarah menunjukkan tidak ada pola baku dalam suksesi kepemimpinan Pura Mangkunegaran Solo. Contohnya suksesi MN II yang merupakan cucu MN I. MN III yang merupakan pengganti MN II adalah cucu dari MN II.

Baca Juga: Terkait Suksesi di Pura Mangkunegaran Solo, Begini Tanggapan Keluarga

Sayidin Panatagama

Kemudian MN IV merupakan adik MN III dan MN VI juga adik dari MN V. Para penerus itu bukan putra pemimpin yang jumeneng pada saat itu tetapi punya prestasi yang membanggakan. “Demikian juga KRMH Roy Rahajasa bisa menjadi calon MN X,” katanya.

Menurutnya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegara tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin kadipaten Islam penerus Mataram sebab harus menjadi Sayidin Panatagama.

Namun begitu, keduanya bisa diberikan tugas yang terhormat. “Ketiga mutiara itu wajib bersatu dalam kepemimpinan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat budaya bangsa. Tentunya dengan semangat tiji tibeh, mukti siji mukti kabeh,” ungkapnya.

Baca Juga: Penguasa Mangkunegaran Solo Mangkunagoro IX Wafat

Kedua putra MN IX bisa mengambil peran menjadi Pepatih Dalem/Perdana Menteri yang memimpin eksekutif sehari-hari. Selain itu menjadi Ketua dewan adat yang menetapkan aturan-aturan di kalangan pura sekaligus menjadi penasihat Mangkunagoro X.

Hartono menjelaskan para senior kerabat Pura Mangkunegaran Solo sudah menata dengan baik konstruksi kelembagaan Mangkunegaran untuk mendukung misi yang Mangkunegoro.

Misi utama Mangkunagoro adalah menjaga kelestarian serta mengembangkan budaya leluhur baik dalam seni tari, tembang, pustaka, adat istiadat, filsafat serta kearifan lokal. Dengan demikian, eksistensi Pura Mangkunegaran sebagai cagar budaya serta pusat budaya nasional dapat dipertahankan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.