SOLOPOS.COM - Beberapa ATM yang ada di area toko modern berjejaring masih belum dapat digunakan karena terjadi gangguan satelit Telkom 1, Senin (28/8/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Sebanyak 2.000 ATM Bank Mandiri juga terkena gangguan satelit Telkom 1.

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah layanan bank terganggu akibat gangguan yang terjadi pada satelit I milik Telkom. Ribuan ATM tak bisa beroperasi secara normal karena gangguan satelit ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa bank mengalami gangguang termasuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga mengalami gangguan. Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas mengatakan gangguan terjadi di ATM Bank Mandiri. “Gangguan terjadi di 2.000 ATM dari total 17.695 ATM yang dimiliki Bank Mandiri,” tuturnya melalui siaran resmi, Senin (28/8/2017).

Dia menambahkan ATM yang mengalami gangguan adalah ATM yang menggunakan jaringan VSAT. Saat ini, proses perbaikan bersama Telkom sedang dilakukan. Caranya, Telkom mengalihkan jaringan ke satelit Telkom 3 sebagai bagian dari recovery selama proses perbaikan satelit Telkom 1 selesai dilakukan.

Sementara itu, riset harian dari PT BCA Sekuritas menunjukkan bahwa satelit Telkom-1 tersebut telah beroperasi selama 18 tahun dan dibangun oleh Lockheed Martin Space Systems.

“Kami juga mencatat bahwa satelit tersebut biasanya hanya beroperasi sekitar 15 tahun. Yang tak kalah penting untuk dicatat bahwa TLKM berencana untuk meluncurkan satelit baru [Telkom-4] pada 2018,” tulis riset itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya