Sektor Pertanian Tetap Moncer Saat Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,23 Persen, Ini Alasannya

BPS mencatat lapangan usaha pertanian menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020.

Sektor Pertanian Tetap Moncer Saat Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,23 Persen, Ini Alasannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertanian (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lapangan usaha pertanian menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II/2020.

Pada periode April-Juni 2020, lapangan usaha pertanian bisa tumbuh 2,19 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Diberitakan sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 anjlok 5,23 persen secara yoy. Data ini lebih rendah dibandingkan prediksi pemerintah.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mengatakan hanya ada tiga lapangan usaha yang mencatatkan pertumbuhan positif, yakni pertanian, informasi dan komunikasi, serta pengadaan air.

Polisi Kantongi Nama Terduga Pembunuh “Mayat Tinggal Kerangka” di Wonogiri, Tapi...

"Dari 17 lapangan usaha, hanya tiga sektor yg masih tumbuh positif yaitu pertanian, informasi dan komunikasi, serta pengadaan air," kata Suhariyanto, Rabu (5/8/2020), seperti dikutip Bisnis.com.

Jika dibandingkan kuartal sebelumnya (q to q), pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2020 minus 4,19 persen. Pada periode ini, pertumbuhan lapangan usaha pertanian tercatat paling tinggi, yakni 16,24 persen. Sedangkan lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh 3,44 persen dan pengadaan air tumbuh 1,28 persen.

BPS juga mencatat pertanian menjadi satu-satunya sektor dari lima penyangga utama PDB yang tumbuh positif sepanjang periode ini.

Abaikan Corona, 3 Pemuda Malah Pesta Sabu di Kamar Indekos di Sukoharjo

Kontribusi Sektor Pertanian Naik

Suhariyanto menyebut kontribusi pertanian terhadap PDB naik menjadi 15,46 persen pada kuartal II/2020 dibandingkan pada kuartal II/2019 yang hanya 13,57 persen.

Sementara itu, secara umum struktur PDB Indonesia pada kuartal kedua tidak banyak berubah. Sekitar 65 persen perekonomian dipengaruhi oleh lima sektor utama yaitu industri, pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan.

Dari kelima sektor penopang ini, hanya pertanian yang tumbuh positif. “Pergerakan lima sektor ini akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Tapi sayangnya hanya pertanian yang tumbuh dan empat lainnya terkontraksi,” kata dia.

Klarifikasi Hana Hanifah Disebut Telanjang Saat Digerebek dan Sering Ditawar Pria di IG

Menurut dia, pertumbuhan sektor pertanian banyak dipengaruhi oleh pergeseran masa panen raya tanaman pangan yang tahun lalu jatuh pada Maret menjadi April dan Mei pada 2020 ini.

Di luar tanaman pangan, kehutanan dan penebangan kayu juga naik didorong peningkatan kinerja sektor hulu untuk produksi kayu bulat  hutan tanaman industri. Selain itu, tanaman perkebunan juga tumbuh.

Pertumbuhan tanaman perkebunan didorong peningkatan produksi kepala sawit, kopi, dan tebu. Ada pula peningkatan permintaan komoditas olahan kelapa sawit dari luar negeri dalam bentuk CPO.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ayah, Ibu, dan Kakek Meninggal karena Covid-19, Ghifari Bocah Sukoharjo Kini Isoman Bareng Nenek dan Paman

Setelah tiga anggota keluarga yakni ayah, ibu dan kakeknya tiada, Ghifari bocah Sukoharjo kini tengah menjalani isoman bersama nenek dan pamannya di rumah.

Ikatan Cinta 27 Juli 2021: Mulai Ada Bibit-bibit Pelakor di Rumah Tangga Al dan Andin

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 27 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Insentif untuk Dokter di Jatim Tak Lancar, Banyak yang Belum Terima

Banyak dokter di Jawa Timur disebut belum menerima insentif.

Airlangga Ungkap Strategi Perekonomian Tetap Tumbuh Saat PPKM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan ada sejumlah faktor yang bisa menjadi mesin penggerak perekonomian nasional di tengah penerapan PPKM Level 4.

Dikalahkan Taiwan, Kevin/Markus Masih Punya Kans Juara Grup A Olimpiade Tokyo 2020

Hasil ini tetap membuka peluang Marcus/Kevin lolos sebagai juara Grup A asal pada laga lain wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengalahkan wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

6 Tabung Oksigen Tersedia di Sidowayah Klaten untuk Bantu Pasien Covid-19

Gagasan awal munculnya pokja oksigen di Sidowayah Klaten dilatarbelakangi banyaknya orang yang membutuhkan asupan oksigen selama pandemi Covid-19.

Kalahkan Unggulan 1, Greysia/Apriyani Lolos Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020 sebagai Juara Grup

Greysia/Apriyani membutuhkan rubber game untuk mengalahkan pasangan tuan rumah, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 24-22, 13-21, 21-8.

Pilu, Ghifari Bocah 8 Tahun di Sukoharjo Yatim Piatu Gegara Covid-19

Kedua orang tua Ghifari meninggal hanya berselang dua hari, sedangkan sang kakek juga meninggal karena positif corona.

Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini, Ada Bulu Tangkis dan Panahan

Hari ini ada empat wakil Tanah Air dari cabor bulu tangkis dan panahan di Olimpiade Tokyo 2020.

Warga Klinggen Boyolali Tolak Aktivitas Pembangunan Tol Solo-Jogja Sebelum Ganti Rugi Cair

Sebelum pembayaran ganti rugi lahan tol kepada seluruh warga yang terdampak tol Solo-Jogja di Klinggen Boyolali, pihak kontraktor dilarang melakukan kegiatan.

Duka Mendalam, 47 Dokter di Jatim Meninggal Karena Covid-19 Sepanjang Juli

Lebih dari seratus dokter di Jawa Timur yang meninggal akibat Covid-19 selama pandemi yang berjalan lebih dari setahun ini.

Unik! Tempat Tidur Kampung Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Kardus

Kampung Atlet Olimpiade Tokyo 2020 berlokasi di dekat dengan perairan teluk Tokyo di pusat kota.

Yuk Masak Olahan Daging Kurban Sisa Ala Chef Arnold, Mudah Kok!

Berikut ini terdapat resep olahan daging kurban sapi sisa yang mudah ala koki ternama Indonesia, yakni chef Arnold Poernomo. Dimasak apa ya?

Tempe Besengek, Penganan Sumber Protein Khas Bumi Progo

Tempe Besengek adalah olahan tempe yang bahan dasarnya dari kacang benguk dan kacang koro yang biasanya tumbuh di kawasan Kabupaten Kulon Progo.

Waduh Bakal Vaksin Lagi Nih, Antibodi Sinovac Disebut Hanya Bertahan 6 Bulan

Peneliti dari China menyebut antibodi yang dihasilkan dari vaksin Sinovac memudar beberapa lama setelah vaksinasi.

Sentra Vaksinasi Covid-19 Pemkab Sukoharjo dengan Konimex dan Halodoc Targetkan 40.000 Dosis

Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo terus dikebut menyusul cakupan realisasi vaksinasi berada di angka 19 persen.

TNI dan Polri Galakkan Vaksinasi Covid-19, Tracking, dan Testing di Boyolali

Saat ini TNI dan Polri terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Boyolali dan ada dua strategi yang dijalankan saat ini.

UMKM Kuliner Ini Cari Cara Bertahan Selama PPKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang menggerakan roda perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Bentuk Terima Kasih, Pemkot Salatiga Hibahkan 1 Ambulans ke NU

Pemkot Salatiga menghibahkan satu mobil ambulans kepada NU Salatiga yang sudah ikut membantu menangani pandemi Covid-19.

Rumah Warga Ngrampal Sragen Kobong Pas Ditinggal Ronda Malam

Saat itu, Satiman meninggalkan rumahnya untuk mengikuti ronda malam tapi sekitar pukul 23.00 WIB dia tiba-tiba mendapat kabar bila rumahnya terbakar.

PMI Pekalongan Ajak Penyintas Covid Jadi Donor Plasma Konvalesen

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan terus mengajak masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah konvalesen.

Pemkab Sleman akan Bangun Instalasi Generator Oksigen Senilai Rp1,9 Miliar

Untuk mencukupi kebutuhan 10.000 ton oksigen per hari, Pemkab Sleman akan membeli generator oksigen senilai Rp1,9 miliar.

Ahli Satu Ini Ungkap Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19, Apa Itu?

Ahli dari Universitas Indonesia mengungkap kunci untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Apa kira-kira, penasaran?

10 Berita Terpopuler : Wisata Karanganyar Belum Buka - Gibran Semangati Warga Positif Corona

Kabar terkait wisata di Karanganyar hingga cara Gibran semangati warga positif corona masuk jajaran berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Positivity Rate di Jateng Masih 30%, Ganjar Klaim Testing Lampaui Standar WHO

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut testing hingga di pekan ke-28 sudah di angka 103.674. Positivity rate masih 30%, jauh di bawah standar WHO yang dipatok 5%.

Solopos Hari Ini: Napas Rakyat Kecil

Koran Solopos edisi hari ini mengupas tentang perpanjangan PPKM Level 4 dengan sejumlah kelonggaran demi memperpanjang napas rakyat kecil.

BMW Juaranya, Ini Daftar Merek Mobil Paling Populer di TikTok

BMW menjadi merek mobil mewah yang paling banyak dilihat oleh warganet di aplikasi TikTok dengan jumlah penayangan mencapai 22 miliar.

Lirik Lagu New Normal - Khalid

Berikut ini lirik lagu New Normal, dinyanyikan Khalid yang baru rilisKamis (22/7/2021) di Youtube. Video klipnya ditonton 1,5 juta kali.

Target Beroperasi Tahun Ini, Apa Fungsi Pendirian Badan Bank Tanah?

Operasional Badan Bank Tanah masih menunggu payung hukum berupa peraturan presiden yang diharapkan dapat terbit pada tahun ini.

Regrouping Sekolah Terganjal PPKM, Disdikbud Urung Cek 70 SD di Karanganyar

Sebanyak 70 SD di Kabupaten Karanganyar akan menjadi sasaran verifikasi oleh Disdikbud setempat sebelum diputuskan regrouping atau tidak.

Kontraksi Berbagai Sektor, Penerimaan Pajak Jateng II Capai Rp4,89 Triliun

Kanwil DJP Jawa Tengah II mencatatkan penerimaan pajak mencapai 39,2% atau sebesar Rp4,89 triliun dari target Rp12,474 triliun pada semester I tahun 2021.

Sejarah! Filipina Raih Emas Pertama Olimpiade

Ini adalah medali emas pertama Filipina sejak keikutsertaan mereka dalam Olimpiade pada 1924.

Update Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020: Jepang ke Puncak

Jepang melejit setelah meraih tiga emas tambahan pada Senin (26/7/2021).

Desta Mahendra Ternyata Kelahiran Solo Lur! Ini Profilnya

Berikut Profil Desta Mahendra, artis kondang kelahiran Kota Solo yang sudah terjun di dunia hiburan sejak era 90-an.

Begini Cara Gibran Semangati Warga Positif Corona Yang Isolasi di SMPN 8 Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi dan menyemangati warga positif corona yang tengah menjalani isolasi di SMPN 8 Solo.

Viral Warga Klaten Sedang Isoman Tertipu Penjualan Oksigen Online, Ini Kata Polisi

Seorang warga yang keluarganya tengah menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19 di Klaten tertipu penjualan oksigen online.

Pengidap Covid-19 China Kembali Melonjak

China kembali mencatatkan 76 kasus baru inveksi virus corona yang menjadi angka harian tertinggi Covid-19 di China sejak Januari 2021.

Ada Kebakaran di Lereng Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Fenomena munculnya titik api di lereng barat daya Gunung Merapi terpantau pada Minggu (25/7) pukul 22.49 WIB dan juga pada Senin (26/7).

Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Zaman Kesamaran Indonesia, Apa Maksudnya?

Wapres Ma'ruf Amin menyebut saat ini Indonesia tengah menghadapi zaman kesamaran, saat kebenaran dan kebohongan menjadi samar.

Sering Beritakan Perjudian, Pemred Media di Medan Disiram Air Keras

Aksi penyiraman ini terkait pemberitaan tentang perjudian yang diberitakan oleh media milik korban.

Serapan Dana Covid-19 Jateng Capai 17% Lebih, DPRD Sebut Masih Rendah

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, meminta Pemprov Jateng mempercepat penyerapan dana penanganan Covid-19.

Pengusaha Sumbang Rp2 Triliun untuk Tangani Covid-19, Dunia Akui Orang Indonesia Paling Dermawan Sejagad

Orang Indonesia disebut paling dermawan karena dalam laporan itu lebih dari delapan dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uang tahun ini.

Ekonom: Gonta-Ganti Istilah Tak Ubah Mindset & Perilaku Lockdown

Strategi pemerintah Jokowi menggonta-ganti istilah tak ubah mindset dan perilaku masyarakat atas lockdown atau karantina wilayah.

Cuitan Mahfud Md Kembali Tuai Kritikan

Fadli Zon menilai cuitan Mahfud Md tak pantas disampaikan oleh orang yang berada di dalam pemerintahan.

China Tolak AS Kecam Setiap Kebijakan, Perundingan Macet...

China mendesak Amerika Serikat berhenti mengecam kebijakan negaranya dan menganggap perundingan di antara China dan AS menemui jalan buntu.

Ada Pegawai Terpapar Covid-19, Disnakertrans Grobogan Lockdown

Penutupan Kantor Disnakertrans Grobogan dilakukan selama tiga hari mulai Senin (26/7) dan pada Kamis (29/7/2021) kantor sudah buka kembali.

Dewan Guru Besar Desak Jokowi Cabut PP Statuta UI, Ini Alasannya...

Dewan Guru Besar Universitas Indonesia atau DGB UI menyatakan PP No. 75/2021 tentang Statuta UI memiliki banyak cacat formil dan materiel.

BST dan Bantuan PKH Cair Juli Ini, Begini Cek Informasinya di Kemensos

Selain BST, bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) rencananya juga cair pada Juli 2021.

Umrah Bakal Mulai Dibuka Lagi 9 Agustus, Ini Syaratnya...

Ibadah umrah bakal kembali dibuka pada 9 Agustus dengan syaratnya calon jemaah sudah menjalani vaksinasi virus corona pemicu Covid-19.

Serapan Dana Desa di Jateng Diklaim Lampaui Nasional

Dari 7.809 desa di Jateng untuk Dana Desa [tahun 2021] serapannya sudah mencapai 54,54 persen. Tataran nasional itu baru sekitar 42 persen.

Tekan Covid-19 di DIY dan Solo Raya, Luhut Minta Pasien Tempati Isolasi Terpusat

Isolasi terpusat untuk menekan laju penularan serta angka kematian karena pasien tidak mendapatkan perhatian khusus dan fasilitas yang memadai.

Pemerintah Kota Jogja Minta PKL Tahan Diri, Ada Apa Ya?

Perpanjangan PPKM Level 4, mengatur juga soal pelonggaran PKL di sejumlah kawasan Kota Jogja termasuk di dalamnya kawasan Malioboro.

Hore! Belasan Pasar Nonesensial Kota Solo Boleh Buka Mulai Selasa

Pemerintah Kota Solo akhirnya membolehkan 14 pasar nonesensial termasuk Pasar Klewer buka lagi mulai Selasa (27/7/2021).

Bupati Sukoharjo Tiba-Tiba Minta Maaf, Ada Apa?

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan permohonan maaf terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Vaksinasi 36.000 Siswa SD dan SMP di Boyolali Dimulai

Vaksinasi Covid-19 untuk 36.000 siswa di Kabupaten Boyolali dimulai di SMPN 1 Boyolali pada Jumat (23/7/2021).

PPKM Level 4 Juga Diterapkan di 45 Kabupaten dan Kota Luar Jawa-Bali

Penetapan itu dilakukan karena melihat kenaikan kasus Covid-19 pada wilayah tersebut.

Ganjar Minta Kepala Daerah Di Jateng Percepat Serapan Anggaran

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepala daerah di wilayahnya untuk mempercepat penyerapan anggaran penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 di Klaten: Alun-alun Boleh untuk Jualan, Penyekatan Jalan Protokol Masih Diberlakukan

Sejumlah kegiatan dilonggarkan setelah Klaten kembali masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 26 Juli-2 Agustus 2021.

Bolehkah Mencukur Bulu Kemaluan Saat Haid Menurut Islam?

Apakah boleh mencukur atau memotong bulu kemaluan saat perempuan sedang haid alias menstruasi menurut agama Islam? Ini penjelasan MUI.

Ivermectin dalam Filsafat Sains

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis 15 Juli 2021. Esai ini karya Satrio Wahono, alumnus Magister Filsafat Universitas Indonesia dan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Jakarta.

Stok Sempat Menipis, Pemkot Solo Langsung Dikirimi 20.000 Dosis Vaksin Sinovac

Pemkot Solo mendapat kiriman 20.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac setelah beberapa hari lalu sambat stok menipis dan akselerasi melambat.

Makam Majasto dan Kisah Orang Sakti Eyang Sutowijoyo di Sukoharjo

Terdapat makam tokoh yang diyakini sakti dan murid kesayangan Sunan Kalijaga di Kompleks Makam Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Sudah Berlaku di Luar Negeri, Ini Alasan Makan Dibatasi 20 Menit selama PPKM Level 4

Supaya bisa makan dengan waktu 15 sampai 20 menit sesuai aturan PPKM, para ahli gizi dan diet menyarankan mengunyah makanan lebih sering.

Mimpi Bertemu Pocong Masih Dipercaya Datangkan Rezeki

Banyak versi yang mengatakan bahwa sosok pocong ini justru mengejar korbannya dengan terbang melayang. Pocong juga dikenal dengan sosok berwajah hangus dan bermata merah menyala.

Selamat! Baim Bawa Persis Solo Juara IFeL 2 2021

Selain menjadi juara, Baim juga tampil sebagai top skor Ifel 2 2021 dengan 115 gol.

Catat, OJK Tegaskan Debt Collector Harus Bawa Dokumen Resmi Saat Tagih Utang

OJK meminta debt collector atau penagih utang selalu membawa dokumen resmi saat menagih cicilan atau utang kepada debitur.

Pemerintah Ngutang Lagi Demi Rakyat

Pandemi adalah tantangan yang luar biasa dan membutuhkan respons kebijakan yang juga extraordinary.

Walah! Sudah Pandemi, 3 Desa di 2 Kecamatan Klaten Ini Juga Krisis Air Bersih

Tiga desa di dua kecamatan wilayah Kabupaten Klaten mengalami krisis air bersih musim kemarau tahun ini sehingga butuh bantuan dari BPBD.

Profil Faldo Maldini: Dari Ketua BEM UI Kini Jadi Stafsus Menteri

Politikus muda Faldo Maldini ditunjuk sebagai staf khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Dia pernah jadi Ketua BEM UI.

Warteg-PKL Sukoharjo Boleh Layani Makan Di Tempat, Maksimal 3 Orang Paling Lama 20 Menit

Warung makan, PKL, warteg, dan sejenisnya di Sukoharjo boleh buka dan melayani makan di tempat maksimal tiga orang, paling lama 20 menit.

Mendagri soal Makan di Warung 20 Menit: Terdengar Lucu tapi Sudah Dilakukan di Luar Negeri

Pembatasan makan di tempat atau dine in demi mencegah penumpukan pada suatu warung sehingga mencegah persebaran Covid-19.

PPKM Wonogiri Naik Ke Level 4, Bupati: Mobilitas Warga Masih Tinggi

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyebut status PPKM wilayahnya naik ke level diduga karena mobilitas warga di jalanan masih tinggi.

Biodata Terlengkap Amanda Manopo, Pemeran Andin di Ikatan Cinta

Berikut ini biodata terlengkap dari Amanda Manopo, artis pemeran Andin di Ikatan Cinta. Dilengkapi dengan awal kariernya di dunia hiburan.

Laris Manis, Jamu Gendong AntiCovid-19 di Klaten Cuma Rp3.000

Jamu gendong buatan warga Birit Kidul, Desa Birit, Kecamatan Wedi, Klaten, disebut antiCovid-19 lantaran diklaim bisa membuat pasien virus Corona sembuh.

Masih Ada 2 Titik Penyekatan di Boyolali, Ini Lokasinya

Dua titik penyekatan di Boyolali dipertahankan, sementara 21 titik lainnya dibuka pada perpanjangan PPKM level kali ini.

Nasib Pelaku Seni dan Wisata di Bantul Ketika PPKM Diperpanjang

Para pelaku seni dan wisata di Kabupaten Bantul semakin tercekik secara perekonomian menyusul keluarnya Inbub Bantul terkait PPKM level 4.

PPKM Darurat Sragen Naik Dari Level 3 Jadi Level 4, Kok Bisa?

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM darurat Kabupaten Sragen naik dari tadinya level 3 menjadi level 4 alias yang terparah.

Update Covid-19 Hari Ini: Tambah 28.228, Jawa Barat Penyumbang Terbanyak

Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak hari ini dengan 4.368.

Jamu Gendong AntiCovid-19 Asal Wedi Klaten Laris Manis di Pasaran

Jamu gendong yang diklaim antiCovid-19 buatan warga Birit Kidul RT 005/002, Desa Birit, Kecamatan Wedi tetap laris manis selama pandemi Covid-19.

Mengais Rejeki dengan Menantang Arus Sungai Bengawan Solo

Perahu tenggelam hingga kecantol kawat merupakan risiko yang biasa dihadapi para penambang pasir Sungai Bengawan Solo.

Sidak, Komisi III DPRD Solo Temukan Potensi Masalah di Lahan Eks HP 16 Mojo

Anggota Komisi III DPRD Solo menemukan potensi masalah saat melakukan sidak ke kawasan eks lahan HP 16 di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon.

Arab Saudi Pulangkan 200 Warga Negara dari Indonesia

Arab Saudi akan memulangkan 200 warga negara mereka di mana dua di antaranya terinfeksi Covid-19 varian delta.

2017 Lalu, Jual Pecel Puli Harga Rp1000/Bungkus di Sragen 3 Jam Ludes

Dijual dengan harga terjangkau, kuliner pecel puli bisa eksis dijual di pasar tradisional sejak 1970-an.

Dishub Kota Jogja Belum Buka Penyekatan Jalan, Ini Alasannya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja memastikan bahwa penyekatan di sejumlah ruas jalan di Kota Jogja masih berlanjut.

Adem, Sarung Goyor Sukoharjo Dibuat Full Handmade

Dipakai terasa adem di suhu panas dan terasa hangat di suhu dingin, sarung goyor Sukoharjo dikerjakan dengan alat tradisional.

PPKM Darurat Wonogiri Jadi Level 4, Jalan Perkotaan Masih Ditutup

Sejumlah ruas jalan kawasan perkotaan Wonogiri masih ditutup menyusul perpanjangan masa PPKM level 4 sampai 2 Agustus 2021.

Rahasia Produksi Pupuk Granul Organik 2,5 Ton/Hari Bermodal 2,5 Ton Kotoran Sapi

Butuh bahan makanan cacing 2,5 ton untuk menghasilkan kotoran cacing yang bisa diproduksi 2,5 ton/hari.

Salut! Koramil Kartasura Bagi-Bagi Nasi Sayur Lodeh Tujuh Rupa Ke Warga Isoman

Koramil Kartasura membagikan nasi kotak berisi sayur lodeh tujuh rupa kepada warga yang menjalani isoman pada Senin (26/7/2021).

8 Lowongan Rekrutmen CPNS Solo Ini Minim Pelamar Lho, Minat?

Delapan lowongan rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS Pemkot Solo minim pelamar meski masa pendaftaran sempat diperpanjang.

Soal Serapan Dana Covid-19, Ketua DPRD Panggil Bappeda & BPKAD Jateng

Pemanggilan tersebut untuk meminta kejelasan terkait polemik serapan dana penanganan Covid-19 Jateng yang sempat menyita perhatian publik.

Kasus Pengancaman Nakes RSUD Ngipang Solo Berlanjut, Polisi Panggil Terduga Pelaku

Terduga pelaku pengancaman nakes di RSUD Ngipang Solo dipanggil untuk diperiksa di Polresta Solo.

Usai Viral Angkut Peti Jenazah Pakai Motor Dinas, Kades Birit Klaten Berdayakan Warga Bikin Peti Sendiri

Kepala Desa (Kades) Birit, Kecamatan Wedi, Sukadi Danang Witono, memberdayakan warganya untuk membuat peti jenazah sendiri, Senin (26/7/2021).

Kehabisan Bekal di Jakarta, Pria Tua Asal Tegal ini Memelas Minta Makan Kepada Taqy Malik

Seorang pria tua asal Tegal yang kehabisan bekal dan kesulitan mencari pekerjaan di Jakarta memelas kepada Taqy Malik untuk meminta makan dan pekerjaan.

Warga Bener Sragen Tuntut Kompensasi Pabrik Garmen

Warga Desa Bener, Ngrampal, Sragen, menuntut kompensasi dampak pembangunan pabrik garmen PT Glory Industrial.

Tak Ada Pelonggaran, Penutupan Jalan di Sukoharjo Dilanjutkan

Penyekatan dan penutupan 13 ruas jalan di Sukoharjo dilanjutkan seiring dengan penerapan PPKM Darurat Level 4.

PPKM Level 4 Berlanjut, Objek Wisata di Karanganyar Boleh Buka atau Tidak?

Pengelola objek wisata di Tawangmangu, Karanganyar, masih belum berani membuka operasional pasca selesainya PPKM Darurat dan berganti menjadi PPKM Level 4.

Mulia, Penyintas Covid-19 Asal Klaten Sumbangkan Ratusan APD untuk Penanganan Corona

Sumbangan dari penyintas bernama Bambang Supriyambodo, 61, itu diserahkan menyusul meningkatnya kebutuhan APD saat angka kasus Covid-19 masih tinggi.

Bisa Nambah Uang Saku, Hal-Hal Ini Patut Dicoba Mahasiswa

Selain membantu mengurangi beban orang tua,  mencari penghasilan tambahan juga membuat mahasiswa bisa lebih mandiri dan bisa mengerti dunia kerja.