SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa (Disdikpora) membentuk program sekolah sejahtera berupa pengintegrasian pendidikan sekolah dan kontrol orang tua di seluruh jenjang studi guna meminimalkan kenakalan anak.

“Kami libatkan peran orang tua, karena sekolah tentu tidak bisa memantau anak-anak selama 24 jam,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Selasa (18/11/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Aji, dalam program sekolah sejahtera tersebut pihak guru, orang tua, dan siswa akan dipertemukan untuk terlibat membuat program bersama. Orang tua dalam hal itu diharapkan turut berperan membimbing perkembangan anak saat di rumah. Sehingga sekolah dan orang tua perlu bersinergi.

“Jangan sampai ketika di sekolah telah mendapatkan pengarahan ketat dari guru, namun di rumah siswa tidak mendapat kontrol dari orang tua,” kata dia.

Selain itu, program sekolah sejahtera, menurut dia, juga diharapkan menjadi sarana pertemuan atau komunikasi antara guru dan siswa. Di dalamya dapat disisipkan kegiatan semacam pentas seni yang mampu mengakrabkan antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa lainnya.

“Sehingga juga diharapkan tidak akan terjadi kasus kekerasan antarsiswa,” kata dia.

Ia mengeluhkan, kebijakan sekolah gratis untuk SD, SMP selama ini telah membuat pihak sekolah tidak dapat menyelenggarakan pendidikan sehari penuh. Akibatnya, siswa memiliki banyak waktu beraktivitas di luar sekolah tanpa kontrol orang tua maupun guru.

“Dengan pendidikan full day di sekolah akan membuat siswa menghabiskan banyak waktu di dalam sekolah, namun hal itu terbentur persoalan dana,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya