Tutup Iklan

Sekolah Klaten Sepakat Aturan SKTM Dihapus

Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus pemberlakuan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 membuat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Klaten lega.

Sekolah Klaten Sepakat Aturan SKTM Dihapus

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) offline. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, KLATEN – Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus pemberlakuan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 membuat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Klaten lega.

Ketua MKKS se-Kabupaten Klaten, Kawit Sudiyono, sepakat dengan keputusan Kemendikbud tersebut. SKTM kini sebatas syarat untuk mengajukan pembebasan biaya operasional sekolah.

“Sekarang tidak lagi menjadi syarat penentu dalam PPDB. Setelah nanti diterima, SKTM baru dimanfaatkan untuk pembebasan biaya dalam operasional sekolah. Itu juga melalui proses verifikasi,” kata kepala SMAN 1 Klaten tersebut saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Kawit mengatakan penggunaan SKTM dalam PPDB tahun lalu menjadi salah satu catatan. Ia menjelaskan penggunaan SKTM awalnya bertujuan baik untuk mengakomodir siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. “Tetapi dimanfaatkan oknum untuk mengambil jalan pintas agar diterima,” kata Kawit.

Kawit tak menampik penggunaan SKTM pada PPDB sebelumnya cukup merepotkan pengelola sekolah lantaran dikejar waktu untuk memverifikasi pendaftar yang menggunakan SKTM. “Tetapi di sekolah kami tidak terlalu merepotkan. Sejak awal sudah disaring terlebih dahulu kemudian dicek ke rumah pendaftar yang menggunakan SKTM apakah benar-benar tidak mampu atau tidak. Saat PPDB lalu, ada 29 siswa yang diterima menggunakan SKTM dari total 396 siswa,” kata dia.

Soal zonasi PPDB SMA 2019, Kawit mengatakan masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah provinsi (pemprov). “Kalau usulan sudah kami sampaikan sebelumnya. Namun, untuk kepastiannya nanti menunggu saja dari hasil rapat di provinsi,” urai dia.

Sementara itu, Plt. Kepala Disdik Klaten, Sri Nugroho, mengatakan penggunaan SKTM dalam PPDB selama ini hanya berlaku di tingkat SMA/SMK yang masuk kewenangan pemerintah provinsi. “Untuk yang kami tangani di tingkat kabupaten yakni SD dan SMP, SKTM tidak berlaku,” ungkapnya.

Soal zonasi PPDB SMP, Nugroho juga menjelaskan saat ini masih disusun dan bakal diusulkan ke pemerintah provinsi. “Zonasi dimusyawarahkan di tingkat kabupaten kemudian di tingkat provinsi agar ada kesamaan. Pada prinsipnya zonasi ini untuk mendekatkan siswa dengan sekolah serta pemerataan siswa,” tutur dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.