Tutup Iklan

SEKOLAH KARANGANYAR : SMK Muhammadiyah 3 Jadi Pelopor Sekolah Safety Riding Mandiri

SEKOLAH KARANGANYAR : SMK Muhammadiyah 3 Jadi Pelopor Sekolah Safety Riding Mandiri

SOLOPOS.COM - Siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar mengikuti sosialisasi dan praktik safety riding bersama Honda Jawa Tengah, Selasa (19/4/2016). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Sekolah Karanganyar SMK Muhammadiyah 3 menjadi pelopor sekolah safety riding.

Solopos.com, KARANGANYAR - Siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar kelas 11 Otomotif 7, M. Mahendra Tama, mencoba mengendalikan laju sepeda motor matik warna putih. Dia harus meliukkan badan ke kiri dan kanan supaya sepeda motor tetap melaju pada papan keseimbangan. Papan dari besi selebar 30 sentimeter.

Tama, sapaan akrab M. Mahendra Tama, sedang mempraktikkan safety riding dengan meniti papan keseimbangan. Tama mengenakan kaos, celana, sepatu, kaus tangan, dan helm standar saat menjajal papan keseimbangan safety riding.

"Ini aturannya. Pakai pakaian dan kelengkapan safety riding. Matik lebih gampang ketimbang motor bebek atau motor cowok. Cuma ini agak berat," kata Tama saat ditemui solopos.com seusai mempraktikkan safety riding di jalan kecil di sebelah barat SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, Selasa (19/4/2016).

SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Karanganyar yang ditunjuk PT Astra Honda Motor melaksanakan program Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM).

Instruktur Safety Riding Honda Jawa Tengah, Suko Edi, menuturkan PT Astra Honda Motor ingin melatih 41 sekolah se-Indonesia. Mereka akan menjadi penyuluh mandiri tentang keselamatan berkendara.

SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar menjadi sekolah ke-39. Program SSRM diawali dengan membentuk komunitas dan melantik sepuluh siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar menjadi pelopor keselamatan di sekolah. Selanjutnya, mereka akan mendapat pelatihan keterampilan berkendara dan etika berlalu lintas di Semarang.

"Sekolah tidak tergantung pada Astra dan Polisi. Sepuluh orang itu akan menyosialisasikan ilmu kepada teman-teman saat masa orientasi siswa atau program sekolah lainnya. Program selanjutnya adalah bimbingan SIM C," tutur Suko saat ditemui solopos.com di sela-sela acara.

Suko mengklaim pelatihan itu dapat mengurangi budaya nembak SIM C. Suko berharap program percontohan di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar dapat menular ke sekolah lain. Selain itu, sekolah percontohan diharapkan memiliki layout latihan praktik SIM C. Suko menjelaskan PT Astra Honda Motor sudah memiliki program serupa dengan nama berbeda pada tahun lalu, yakni Kampung Safety.

"Sasaran berikutnya adalah pelajar. Akan ada evaluasi apakah program di sekolah jalan atau enggak. Setelah Karanganyar, kami ke Purwantoro Kabupaten Wonogiri dan Solo. Kalau program jalan, masyarakat sekitar bisa ikut memanfaatkan," jelas dia.

PT Astra Honda Motor juga menyosialisasikan tiga pilar kesematan, yakni manusia aman, kendaraan aman, dan lingkungan aman. Manusia aman melalui penyuluhan, kendaraan aman dalam bentuk perawatan, dan lingkungan aman terkait peraturan. Sementara itu, Wakil Kepala Kesiswaan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, Burhan Mustaqim, menyampaikan pihak sekolah akan menyinkronkan dengan program PT Astra Honda Motor.

Dia menilai program itu tidak merugikan sekolah. Hal senada disampaikan Kepala SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, Ngadiyo, menyampaikan harapan program safety riding dapat merangsang siswa berkendara dengan tertib dan sopan.

"Endingnya itu [tertib dan sopan]. Anak-anak dapat menjadi pelopor keselamatan bagi teman-temannya. Ini bagian dari kurikulum pembelajaran dan program kerja mendidik siswa berkendara dengan baik dan benar demi keselamatan berlalu lintas," ujar dia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Akhirnya, Semua Korban Perahu Terbalik di Kedungombo Boyolali Ditemukan

Semua atau sembilan korban tenggelam perahu terbalik di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, akhirnya berhasil ditemukan.

Ini Akibat Langgar Prokes, Restoran di Madiun Digeruduk Satgas Covid-19

Salah satu restoran di Kota Madiun ditegur Satgas Covid-19 lantara menerima tamu lebih dari 50% kapasitas yang diperbolehkan.

Barcelona Juara Liga Champions Wanita Seusai Hancurkan Chelsea 4 Gol Tanpa Balas

Barcelona tampil cemerlang saat mengalahkan Chelsea 4-0 untuk memenangkan trofi Liga Champions Wanita pertama mereka dalam sejarah klub pada Senin (17/5/2021) dini hari WIB.

Solopos Hari Ini: Fatal di Tengah Wabah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (17/5/2021) mengulas tentang fatal di tengah wabah terkait musibah perahu terbalik di Kedungombo, Boyolali.

Uji Coba PTM Tahap III Jenjang SMA/SMK di Wonogiri Masih Tanda Tanya

Setelah tahap II selesai, belum ada keputusan kapan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap III SMA/SMK di Wonogiri bakal dimulai.

Ditemukan, Jasad Anak Balita 1,5 Tahun Korban Perahu Terbalik Kedungombo Boyolali

Petugas gabungan di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, kembali menemukan satu korban terbaliknya perahu di lokasi tersebut.

20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19, 1 Orang Dirawat di RS

Satu dari 20 warga sekampung di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit karena bergejala.

AC Milan Gagal Kunci Tiket Liga Champions Seusai Diimbangi Cagliari

Cagliari menggagalkan upaya AC Milan mengunci tiket Liga Champion seusai menahan lawannya itu dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Italia.

Belajar Dari Kasus WKO, Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten Dilarang Angkut Penumpang Lebihi Kapasitas!

Pengelola perahu wisata di Rawa Jombor, Klaten, diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Tundukkan Bilbao, Real Madrid Tetap Berjuang hingga Pekan Terakhir

Real Madrid menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat. Namun Real Madrid harus tetap berjuang hingga pekan terakhir kompetisi

2 Korban Perahu Terbalik Kedungombo Belum Ketemu, Pencarian Lanjut Pakai Drone Bawah Air

Dua korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, yang belum ketemu akan dicari pakai drone robotic underwater atau drone bawah air.

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).