SOLOPOS.COM - 05Ilustrasi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo. (sdmuh1solo.com).jpg

Solopos.com, SOLO — Sekolah-sekolah di Solo melakukan berbagai persiapan menyongsong Asesmen Nasional (AN) 2021, antara lain bimbingan teknis (bimtek) hingga webinar. Persiapan itu antara lain dilaksanakan SMPN 8 Solo di Jl. HOS Cokroaminoto No.51, Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah.

Asesmen adalah proses penilaian, pengumpulan informasi dan data secara komprehensif. Sedangkan Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Singkatnya, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di SMPN 8 Solo, sebanyak 34 guru akan mengikuti bimtek Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan salah satu instrumen AN 2021 selain survei karakter dan survei lingkungan.

Memilih Arah Rumah Sesuai Petunjuk Fengsui

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Sri Suprapti, mengatakan saat ini guru SMPN 8 tersebut sudah mendaftarkan diri pada kegiatan yang diadakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud tersebut. “Kepala SMPN 8, Triad Suparman, merasa senang karena guru bersemangat mengikuti bimtek Guru Belajar seri AKM ini,” ujar Suprapti, Senin (30/12/2020)

Pendaftaran bimtek dimulai hari tanggal 22 Desember 2020-23 Februari 2021.  Bimtek angkatan I akan dilaksanakan 4-8 Januari 2021 dan seterusnya.

“Bimtek ini nantinya akan berakhir pada angkatan XI yaitu tanggal 23–27 Februari 2021. Setelah menyelesaikan tahap I bimtek dengan nilai minimal 70 dilanjutkan dengan tahap II yaitu pengimbasan. Pengimbasan untuk semua angkatan akan dilakukan pada tanggal 9 Januari-24 Februari 2021,” imbuhnya.

5 Simbol Ini Kata Fengsui Bawa Rezeki Rumah

Suprapti menambahkan, sebelum mendaftar bimtek Guru Belajar seri AKM ini, semua guru SMPN 8 yang sudah mempunyai akun SIM-PKB (sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan) ini juga sudah mendaftar seri Pendidikan Keterampilan Hidup yang akan dimulai bulan Januari 2021.

Tingkat SD

Sementara itu, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo menggelar webinar tentang Asesmen Nasional 2021, Selasa (30/12/2020). Kegiatan ini diikuti 64 guru, Majelis Dikdasmen, dan Pengawas Korwil III Kecamatan Banjarsari.

Kepala Sekolah Sri Sayekti, mengatakan webinar menghadirkan narasumber Perekayasa Madya-Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan, Zul Arsiah dan Wibowo Mukti dari Pusdatin Kemendikbud.

5 Benda Ini Kata Fengsui Bawa Energi Buruk

“Zul Arsiah menjelaskan tentang AKM dan Wibowo Mukti memaparkan pembelajaran akun,” ujar Sri Sayekti, seperti disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jatmiko.

Menurutnya, Zul juga menjelaskan AN 2021 merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Pemetaan diukur dengan instrumen AKM, survei karakter, dan survei lingkungan yang pesertanya adalah murid, guru, dan kepala satuan pendidikan.

Hasil AN 2021 juga tidak digunakan untuk menilai prestasi murid ataupun kinerja guru dan sekolah. Laporan hasil AN diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pembelajaran.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya