SOLOPOS.COM - Bupati Bantul, Suharsono meninjau produk wirausaha siswa saat dijajakan pada peringatan hari ulang tahun SMA N 1 Jetis yang ke 32, Senin (21/11/2016). (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Sekolah di Bantul ini mengutamakan pendidikan karakter

Harianjogja.com, BANTUL—Pendidikan karakter menjadi hal paling utama yang akan ditanamakan pada siswa-siswi SMA N 1 Jetis. Dalam memperingati hari ulang tahun ke 32, SMA N 1 Jetis mendorong siswa-siswinya untuk dapat meraih kesuksesan berbekal pendidikan karakter yang selama ini telah ditanamkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala SMA N 1 Jetis Herman Priyana mengungkapkan dalam ulang tahun ke 32, SMA N 1 Jetis ingin menumbuhkan karakter bagai para siswa-siswinya. Dia mengatakan dengan karakter yang kuat, anak-anak akan sendirinya menjalankan kewajibanya sebagai seorang siswa, sehingga mudah meraih kesuksesan.

Selama ini kata dia, SMA N 1 Jetis telah mengajarkan karakter kemandirian melalui program Market Day. Dengan program itu para siswa dilatih untuk berjualan, seperti produk olahan dan produk kerajian.

“Mereka diajarkan kewirausahaan membuat berbagai olahan seperti jus, dan produk kerajinan. Lalu nanti ada koperasi yang akan menampung produk wirausaha dari siswa itu,” ujarnya, Senin (21/11/2016).

Selain itu ada pula pendidikan karakter melalui program kebudayaan. Kata Herman selama ini SMA N 1 Jetis juga menggiatakan kegiatan yang berhubungan dengan kesenian, seperti tari-tarian dan musik tradisional. Dia berharap nantinya SMA N 1 Jetis dapat menjadi salah satu sekolah yang memiliki ciri khas budaya Jogja.

Dia menekankan pendidikan karakter menjadi hal yang utama. “Sekarang bukan lagi mementingkan peringat, meskipun kami memiliki peringkat lulusan tiga terbaik di Kabupaten Bantul. Yang penting Bagaimana lulusan kami itu dapat meraih sukses entah sukses melanjutkan di perguruan tinggi yang mereka impikan ataupun sukses dalam bekerja,” ujar Kepala Sekolah yang enam bulan lagi akan pensiun ini.

Sementara Itu Bupati Bantul Suharsono mengatakan agar SMA N 1 Jetis mampu meningkatkan lagi prestasinya. Dengan mencetak siswa-siswi yang memiliki karakter pemimpin. “Kalau bisa preseiden itu nanti dari Bantul,” ujarnya saat ikut menghadiri peringatan hari ualang tahun SMA N 1 Jetis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya