SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Trianto Hery S)

Dari 200 aparat pemerintah desa yang terpilih melalui seleksi tahap pertama hanya Sekdes Sidorejo Godean yang belum dilantik

Harianjogja.com, SLEMAN- Dari 200 aparat pemerintah desa yang terpilih melalui seleksi tahap pertama hanya Sekdes Sidorejo Godean yang belum dilantik. Keputusan jadi tidaknya pelantikan Sekdes terpilih itu saat ini berada ditangan bupati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman Lasiman menjelaskan keputusan tersebut diambil setelah panitia seleksi (Pansel) Sidorejo dan Inspektorat Sleman menemui bupati pekan lalu. “Panitia menyampaikan laporan proses pengisian perangkat desa kepada bupati,” katanya, Kamis (7/9/2017).

Selain laporan proses hingga hasil pelaksanaan seleksi, pansel juga melaporkan adanya penolakan pemberian rekomendasi yang dilakukan oleh camat. Kondisi tersebut berdampak pada belum adanya pelantikan terhadap Sekdes terpilih.

“Hasil investigasi juga sudah dilaksanakan oleh Inspektorat dan hasilnya juga dilaporkan ke bupati,” katanya.

Dalam kasus ini, lanjut Lasiman, DPMD dalam posisi netral dan menjalankan proses seleksi sesuai regulasi yang ada. Terkait hasil investigasi yang dilakukan Inspektorat, Lasiman tidak mengetahuinya. “Yang boleh buka laporan itu bupati. Saat ini keputusan ada di beliau. Sampai hari ini belum ada keputusan,” ujarnya.

Terkait hal itu, Camat Godean Ahmad Yuno Nurkaryadi mengaku belum mengetahuinya. Dia menyerahkan sepenuhnya masalah tersebut sesuai prosedur yang ada. Baginya, kekosongan jabatan Sekdes Sidorejo menjadi salah satu kurang maksimalnya kinerja dan pengawasan aparat Desa di Pemdes tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya