SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto (Dok/JIBI/Solopos)

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto (Dok/JIBI/Solopos)

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, menyebut lima nama sebagai kandidat sekretaris daerah (sekda) Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lima orang tersebut adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), yang juga Plt Sekda, Suharno; Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop & UMKM), Guruh Santoso, Asisten Sekda, Teguh; Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Haryono; dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH), Safuan.

Menurut Danar, lima kandidat sekda itu akan dibahas dalam rapat Badan Pertimbangan Pejabat dan Kepangkatan (Baperjakat) yang bakal dihelat dalam waktu dekat. Semula, rapat Baperjakat untuk membahas nama-nama kandidat sekda yang akan diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah akan dilaksanakan Kamis (7/11/2013 ). Namun, agenda itu batal karena masing-masing anggota tim memiliki kesibukan sendiri.

Danar, saat ditemui wartawan, di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Kamis, mengungkapkan proses untuk segera mengusulkan nama-nama kandidat sekda kepada Gubernur sudah berjalan.

 

“Ini Baperjakat sedang bekerja. Kalau sudah segera dikirim ke Semarang. Ya diharapkan cepat.”

Dia menambahkan sebagai pejabat lapis kedua di lingkungan Pemkab Wonogiri, maka Bupati memberikan beberapa kriteria yang harus dipenuhi sekda definitif. Kriteria dimaksud adalah sosok pejabat sekda harus betul-betul menguasai sistem penyelenggaraan pemerintahan sehingga mampu memimpin Pemkab.

Selain itu, sekda Wonogiri juga harus mempunyai kemampuan koordinasi untuk mengakses informasi dan berbagai keperluan lain kepada instansi setingkat maupun yang lebih tinggi, seperti kementerian dan pemerintah provinsi. Danar juga memberi syarat agar sekda baru lebih merakyat. “Kriteria lainnya harus punya hubungan baik dengan masyarakat. Ini penting untuk dimiliki sekda nanti sebagai pejabat lapis kedua,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti, membenarkan Baperjakat yang akan menggodog nama kandidat sekda sedang bekerja. Namun, Rumanti enggan membeberkan sampai sejauh mana badan tersebut bekerja. Dia pun tidak menyebut kemungkinan nama kandidat sekda yang bakal dibawa ke Semarang dengan alasan Baperjakat belum mengadakan rapat. “Rapat hari ini [Kamis] ditunda karena semua tim ada acara. Saya sendiri agenda di Jakarta. [Untuk nama kandidat] Kami belum bisa matur karena belum Baperjakat,” kata Rumanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya