SOLOPOS.COM - Bakal calon wali kota Solo, Achmad Purnomo, tengah menanti giliran fit and propher test di Panti Marhaen, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang, Sabtu (21/12/2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SOLO -- Sekretaris Daerah Solo, Ahyani, menyebut status Wakil Wali Kota atau Wawali, Achmad Purnomo, yang dikabarkan positif Covid-19 plus-minus.

Ahyani mengatakan Wawali harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal itu karena berdasarkan hasil swab test orang nomor dua di Pemkot Solo itu, menurut Ahyani, plus-minus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Beliau harus isolasi mandiri, perlu istirahat, capai. Kemarin katanya status [Purnomo] plus-minus,” ujar dia, Jumat (24/7/2020).

Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19, DPRD Gempar!

Ekspedisi Mudik 2024

Istilah status plus-minus seperti yang digunakan Sekda untuk menyebut kondisi Wawali Solo selama ini tidak dikenal dalam penanganan Covid-19. Istilah yang digunakan selama ini positif atau negatif Covid-19.

Namun Ahyani menggunakan istilah plus-minus untuk menyebut status Purnomo. Ketika dimintai ditanya lebih oleh wartawan ihwal status Purnomo itu, Ahyani tetap bersikukuh dengan pernyataannya.

“Kata Bu Ning [Purnomo] diambang, plus minus, sehingga disuruh istirahat saja. Diambang meragukan,” kata dia.

Update Covid-19 di Indonesia 24 Juli: Pasien Positif Tambah 1.767, Total Kasus Jadi 95.418

Apalagi, menurut Ahyani, Wawali kategori lanjut usia (lansia). Ketika wartawan kembali meminta ketegasan ihwal status Wawali Solo Purnomo yang dikabarkan positif Covid-19, Ahyani menjawab diplomatis. “Ya meragukan. Daripada ragu pokoknya suruh istirahat,” kata dia.

Riwayat Kontak

Ihwal riwayat kontak Achmad Purnomo, Sekda menyebut sangat banyak. Mereka sedang terus dilacak oleh Dinas Kesehatan Kota atau DKK Solo. Di antara mereka yang kontak dengan Achmad Purnomo, menurut Sekda, termasuk dirinya dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Riwayat Perjalanan Wakil Wali Kota Solo yang Positif Covid-19

“Kalau kontak ya banyak. Ya banyak lah kalau kontak. Tindakan terhadap yang kontak ya sama, lagi di-tracing. Semua. Saya juga di-tracing. Sama, saya juga dalam pengawasan. Pak Rudy juga. Tapi ini saya masih tetap kerja,” tutur dia.

Meski dikabarkan positif Covid-19, Ahyani memastikan status kesehatan Wawali Solo Achmad Purnomo tidak ada masalah berarti. Berdasarkan data, mayoritas penderita Covid-19 memang tanpa gejala. “Rata-rata 85 hingga 90 persen kan memang OTG,” urai dia.

Gugus Tugas Covid-19 Solo: Guru Positif Corona Dari SD Di Jebres

Sebagaimana diberitakan, Wawali Solo Achmad Purnomo dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dua kali menjalani tes swab sepulang dari Jakarta pekan lalu.

Kabar ini sontak membuat banyak kalangan yang berkontak dengannya geger, termasuk anggota DPRD yang mengikuti rapat paripurna pada Rabu (22/7/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya