Sekda Sebut Ekonomi Jateng Segera Tumbuh 7%

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono optimistis pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jateng dapat mencapai 7% dalam waktu dekat berdasarkan beberapa indikator.

“Perekonomian Jateng tumbuh positif dengan tren di atas pertumbuhan ekonomi nasional, kemiskinan turun signifikan, demikian pula tingkat pengangguran terbuka yang rendah dan inflasi yang terkendali,” katanya di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/7/2019).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sekda menyebutkan tren investasi Jateng terus mengalami peningkatan sejak 2013, bahkan pada 2018, total investasi yang diperoleh Jateng, baik penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA) melebihi US$4 miliar. Selain itu, Provinsi Jateng juga menempati peringkat ketiga di Indonesia, sebagai provinsi tujuan investasi.

Meskipun telah berada di jalur yang positif, Sekda berpandangan Jateng harus terus melakukan inovasi, kreasi, dan membuat berbagai program kebijakan yang progresif agar terjadi lompatan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan mendorong masuknya investasi sebesar-besarnya pada berbagai sektor ke Provinsi Jateng.

Untuk itu, Pemprov Jateng terus berupaya memberikan kenyamanan bagi investor yang ingin berinvestasi di wilayah berpenduduk kurang lebih 34 juta jiwa ini. “Caranya dengan menyediakan pelayanan terpadu satu pintu, melakukan reformasi peraturan perizinan dan menerapkan penggunaan sistem online single submission, membangun Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Jateng, dan membuat pusat informasi dan promosi yang terintegrasi melalui Koridor Perdagangan, Investasi dan Pariwisata Jateng,” ujarnya.

Selain itu, infrastruktur juga menjadi perhatian sehingga terus dilakukan pembangunan seperti infrastruktur bandara, pelabuhan, jalan tol, ketersediaan energi dan kawasan industri, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Guna mendukung tersedianya tenaga kerja untuk dunia usaha, Pemprov Jateng juga menyediakan fasilitas pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.

Tercatat ada 274 universitas dengan total kelulusan sekitar 103.000 orang/tahun, 1.189 SMK dengan lulusan 150.000 siswa/tahun, dan Balai Latihan Kerja dengan lulusan kurang lebih 1.200 orang/tahun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Pendidikan Diguyur Dana

      Pemerintah mengungkapkan lima bidang prioritas dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

      BI Luncurkan Uang Rupiah Kertas Terbaru, Kepingin Tukar?

      Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas baru emisi 2022 untuk pecahan Rp1.000 hingga Rp100.000

      Kelurahan Sukoharjo Kembangkan Minapadi, Ini Keunggulannya

      Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Dinas Perikanan dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Sri Wijiastuti, mengatakan awal mula kegiatan Minapadi dicetuskan karena tawaran dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sukoharjo.

      Dugaan Korupsi Rp78 Triliun: Surya Darmadi akan Diperiksa Lagi Hari Ini

      Kejaksaan Agung akan melanjutkan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, pada Kamis (18/8/2022) pukul 10.00 WIB.

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, Soekarno Dilantik Jadi Presiden RI

      Berbagai peristiwa bersejarah dan penting dari tahun ke tahun terjadi pada 18 Agustus.

      Soal Aturan Tarif Ojol, Ini Respons Gojek

      Adanya masa tenggang perpanjangan selama 25 hari digunakan Gojek untuk persiapan dan sosialisasi kepada pengguna aplikasi termasuk mitra driver

      Univet Janjikan Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Berprestasi, Berminat?

      Univet Bantara mendukung para atlet dalam berprestasi tanpa meninggalkan pendidikannya di Univet.

      Nasib Transportasi Umum, Masihkah Dibutuhkan Warga Sragen?

      Sejumlah warga Sragen memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum untuk mendukung aktivitas.

      10 Berita Terpopuler: Viral! Ojo Dibandingke & Upacara HUT ke-77 RI

      Ulasan tentang lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali Agus Purwanto, Abah Lala, dan upacara HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (18/8/2022).

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 18 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (18/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Perhatian! Jalan Ini Ditutup saat Karnaval Serentak di Wonogiri

      Rekayasa jalan di kecamatan diserahkan kepada forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompimcam) masing-masing.

      Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (18/8/2022): Banyak Film Baru yang Tayang

      Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Kamis, 18 Agustus 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

      Sempat Anjlok, Ini Daftar Harga Emas Pegadaian Kamis 18 Agustus 2022

      Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (18/8/2022) hari ini untuk cetakan UBS maupun Antam terpantau stagnan atau tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

      Daftar Pembalap Tersukses di GP Austria, Khusus Kelas MotoGP

      Pada 2016 GP Austria kembali digeber, dan Sirkuit A1-Ring berubah nama menjadi Sirkuit Red Bull Ring. Sejak itu pula hingga saat ini GP Austria melombakan kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP.