SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar Juliyatmono menyerahkan SK Pensiun kepada Sekda Sutarno yang purnatugas Februari 2023. Penyerahan SK pensiun dibarengkan dengan 132 ASN lain di Hotel Tamansari Karanganyar pada Selasa (1/11/2022). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bersiap membentuk panitia seleksi (pansel) calon sekretaris daerah (Sekda) menyusul akan pensiunnya Sutarno, pejabat Sekda saat ini .

Sutarno  bakal purna tugas pada Februari 2023 mendatang. Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan tidak ada kriteria khusus bagi calon Sekda yang baru. Pejabat Sekda terpilih adalah mereka yang memenuhi syarat sesuai peraturan berlaku.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sing penting memenuhi syarat. Tidak ada kriteria-kriteria,” kata Bupati dijumpai seusai Pembekalan Pra Purna Tugas dan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Karanganyar di Hotel Tamansari, Selasa (1/11/2022).

Selain pengisian Sekda, Bupati juga tengah menyiapkan seleksi untuk mengisi jabatan eselon II yang kosong karena ditinggal pensiun.. Beberapa jabatan itu di antaranya Staf Ahli I, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan rencana pemekaran Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop).

Baca Juga: Produk Pertanian Kemasan di Karanganyar Wajib Kantongi Sertifikat Pangan

Pansel untuk mengisi jabatan eselon 2 tersebut akan dibentuk pada pekan depan. “Siapa pun yang memenuhi syarat boleh daftar,” katanya.

Lowongan Sekda akan dibuka umum bagi siapa pun ASN yang memenuhi syarat mendaftar jabatan tertinggi sebagai abdi negara di lingkup Pemkab Karanganyar tersebut. Tidak hanya ASN di Karanganyar, namun dari luar daerah diperbolehkan melamar jabatan tersebut. Namun tentunya keputusan penetapan tetap menjadi hak prerogatif Bupati Karanganyar.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan ada 133 ASN di Pemkab Karanganyar akan memasuki masa pensiun periode Januari-Maret 2023. Di antara ASN tersebut termasuk Sekda Sutarno. Kemudian Asisten III Setda, Sujarno. Mereka mendapat pembinaan dari Bupati Karanganyar Juliyatmono sebelum memasuki masa pensiun.

Baca Juga: Serunya Melihat Pegawai Pemkab Karanganyar Bermain Gobak Sodor

“Ada dua pejabat eselon II yang akan pensiun, sisanya eselon III dan IV. Paling banyak guru yang pensiun, jumlahnya ada 90 orang,” katanya.

Bupati mengatakan ASN purna tugas merupakan hal biasa. Ia memotivasi ASN yang purna tugas untuk terus produktif sehingga lebih bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya