Sekda DKI Saefullah Wafat karena Covid-19, Anies Baswedan Kehilangan
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena Covid-19 (Detikcom)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia setelah mengalami shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Siang ini, Bapak Sekda kita, Bapak Saefullah, telah berpulang. Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti  melalui keterangan tertulis  seperti dilansir Bisnis.com, Rabu (16/9/2020).

Kerusakan pada jaringan paru itu, menurut Widyastuti, menyebabkan gagal napas yang tidak dapat diperbaiki. Hal ini karena tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang sosok Sekda DKI Jakarta Saefullah yang meninggal karena virus Corona (Covid-19). Anies menyebut Saefullah sebagai pribadi yang saleh.

Rudy: Solo Tidak Bisa Lockdown Ala PSBB Jakarta

"Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita .. telah dipanggil pulang ke rahmatullah," ujar Anies dalam pesan berantai yang telah dikonfirmasi Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak, Rabu.

Anies mengatakan Saefullah juga merupakan sosok yang sangat baik. Anies pun berduka atas kepergian anak buahnya itu.

Anies pun meminta semua warga DKI Jakarta mendoakan Saefullah. Dia juga meminta semua pihak melakukan salat gaib untuk Saefullah.

"Mohon doakan .. Bagi semua .. segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib utk almarhum," kata Anies.

Saefullah meninggal pada pukul 12.55 WIB. Saefullah meninggal saat dalam perawatan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Dimakamkan

Kabar meninggalnya Saefullah sebelumnya disampaikan oleh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi.

"Iya tadi kasudin kesehatan saya (laporan), barusan kasudin kesehatan saya telepon, saya suruh anak buah cek ke RSPAD. Kasudin kesehatan saya tak mungkin bohong. Dia kan monitor juga, kan RSPAD di Jakarta Pusat," kata Irwandi, saat dikonfirmasi, Rabu.

“Mari kita semua doakan agar Bapak Saefullah dilapangkan di sisi-Nya," ujarnya seperti dilansir Detikcom.

Update Covid-19 Solo: Ada 554 Kasus, Muncul Klaster Baru Lintas Keluarga

Sebelumnya, Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9/2020) dini hari.

Rencananya jenazah Saefullah akan dimakamkan dengan protokol Covid-19 di tanah permakaman keluarga di Rorotan, Jakarta Utara.

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2008 - 2014.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom