SOLOPOS.COM - Kondisi lahan Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (25/8/2022). Rencananya Alun-alun Utara digunakan kembali untuk penyelenggaraan pasar malam Sekatenan pada 16 September – 16 Oktober 2022. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Gelaran acara Sekaten akan kembali digelar oleh Keraton Solo untuk menyambut Maulud Nabi Muhammad SAW pada tahun ini, setelah dua tahun absen akibat Pandemi Covid-19.

Acara ini merupakan tradisi yang menjadi contoh akulturasi antara budaya dan juga agama Islam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sekaten nantinya digelar di tiga lokasi, Alun-alun Kidul, Area Pagelaran dan Alun-alun Utara. Acara ini juga diisi oleh Pasar Rakyat yang digelar selama berlangsungnya acara mulai 16 September 2022 hingga 16 Oktober 2022.

Di pasar tersebut nantinya ada stan yang meramaikan gelaran acara.

Menurut Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KRA Dani Nur Adiningrat, menyebutkan stan tersebut untuk mengisi acara Pasar Malam.

“Nanti ada stan untuk mengisi pasar malam, yang merupakan bagian dari acara Sekaten, untuk Pasar Malamnya nanti diadakan di Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul,” ujar dia saat diwawancarai Solopos.com pada Kamis (25/8/2022), .

Dalam selebaran lay out yang diterima Solopos.com untuk para pedagang saat gelaran Sekaten tahun ini, pedagang nantinya menempati kios-kios yang disediakan di alun-alun utara yang dibagi berdasarkan zona-zona yang ada. 

Harga yang ditawarkan untuk satu stan yang akan digunakan selama satu bulan tersebut juga bervariasi, mulai dari harga Rp3 juta hingga Rp12 juta.

Pembagian harga dan ukuran ini berdasarkan luas kavling yang ditempati dan juga lokasi di mana tenda berada.

“Untuk acara Pasar Malam nanti diadakan oleh pihak ketiga seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga sudah membuka sekretarian untuk informasi dan pemesanan stan bisa menghubungi nomor yang tertera dalam selebaran,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya