SOLOPOS.COM - Pekerja melakukan pengecatan untuk mempercantik wahana bianglala di arena Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara. (Harian Jogja/Desi Suryanto)

Sekaten Jogja dimeriahkan dengan dengan pasar malam

Harianjogja.com, JOGJA-Rencana mempersingkat penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) menuai tanggapan dari masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Komisi B DPRD Jogja Rifki Listianto menerima usulan dari masyarakat, penyelenggaraan PMPS dipindah ke Alun-Alun Selatan seiring dengan tujuan Pemkot Jogja yang ingin menjaga kawasan Alun-Alun Utara (Altar) pasca revitalisasi.

Menurutnya, usulan itu dapat dipertimbangkan oleh Pemkot Jogja supaya waktu pelaksanaan PMPS seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni digelar 40 hari.

“Pemindahan lokasi tidak akan mengubah esensi PMPS sebagai bentuk ekonomi kerakyatan dan budaya, apalagi Alun-Alun Selatan juga termasuk pusat budaya,” ujarnya, Selasa (20/10/2015).

Diungkapkannya, pemindahan lokasi PMPS tidak akan mengubah tradisi sebab prosesi Miyos Gongso dan Kondur Gongso sebagai puncak Sekaten  dapat digelar melewati Altar dan Grebeg Mulud tetap berada di halaman Masjid Gede Kauman.

Rifki meyakini lalu lintas tidak akan sepadat ketika PMPS digelar di Altar. “Namun kembali lagi ke Pemkot sebagai penyelenggara,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya