Sekarang Beli Tiket Objek Wisata Gunung Kemukus Bisa Online

Membeli tiket Gunung Kemukus Sragen kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-ticketing.

 Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menunjukkan QR Code pada ponselnya ke alat pemindai yang digunakan dalam pelayanan tiket di New Kemukus Sragen, Jumat (27/5/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menunjukkan QR Code pada ponselnya ke alat pemindai yang digunakan dalam pelayanan tiket di New Kemukus Sragen, Jumat (27/5/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Warga yang ingin berkunjung ke Gunung Kemukus bisa membeli tiketnya secara online alias daring. Pembelian tiket Gunung Kemukus secara online ini menggunakan aplikasi e-ticketing yang bisa diunduh di Playstore pada ponsel Android.

Peluncuran aplikasi pembelian tiket secara online ini wujud kerja sama antara Bank Indonesia dengan Bank Jateng Sragen. Penerapan e-ticketing tersebut diberlakukan kali pertama di New Kemukus, brand baru Gunung Kemukus. Nantinya, e-ticketing ini bisa diterapkan juga di objek wisata lainnya milik Pemkab Sragen.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Penerapan e-ticketing ini diyakini bisa mengantisipasi kebocoran dan lebih akuntabel dalam pengelolaan pendapatan objek wisata. Aplikasi ini diluncurkan dalam momentum Festival Akselerasi Digitalisasi Kabupaten Sragen dengan mengangkat program baru Bank Indonesia, yakni Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (Adipati) di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Jumat (27/5/2022).

Deputi Kepala Perwakilan BI Solo, Gunawan Purbowo, menyampaikan pihanya mendukung digitalisasi transaksi di Kabupaten Sragen. Festival ini digelar di Sragen karena sudah maju dalam penerapan digitalisasi transaksi keuangan. Seperti pengelolaan dana desa (DD) dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), transaksi bantuan operasional sekolah (BOS) dengan cash management system (CMS) atau e-BOS, dan transaksi nontunai lainnya.

Baca Juga: Puluhan UMKM Unjuk Dagangan di New Kemukus, Yuk Diserbu Gaes

“Sekarang meluncurkan e-ticketing untuk transaksi pengunjung yang masuk ke objek wisata New Kemukus yang nantinya bisa diaplikasikan di objek wisata lainnya di Sragen. Dengan diluncurkannya e-ticketing diharapkan digitalisasi transaksi di Sragen lebih menggema di Soloraya dan nasional,” harap Gunawan.

Langsung Masuk Kas Daerah

Yang melaksanakan tugas (Ymt.) Pemimpin Bank Jateng Cabang Sragen, Yunus Anis, menambahkan dengan diluncurkannya e-ticketing di Sragen maka indeks transaksional digital di Sragen meningkat. Pengunjung Gunung Kemukus bisa membeli tiket lewat ponsel Android. Setelah membeli tiket online itu, ujar dia, mereka tinggal menunjukkan QR Code kepada petugas loket.

“Transaksi nontunai ini sudah terintergasi dengan sistem keuangan di kas daerah karena dana yang masuk dari e-ticketing langsung masuk ke kas daerah,” jelasnya.

Baca Juga: 40 Pelaku UMKM Meriahkan Pasar Ekraf 2022 di Gunung Kemukus Sragen

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen Dwiyanto menerangkan digitalisasi transaksi keuangan di Sragen dimulai sejak 2017 dengan adanya Siskeudes dan disusul oleh e-BOS di seluruh SD dan SMP mulai Maret 2022 lalu hingga sekarang ada e-ticketing untuk New Kemukus. Dwiyanto sudah mencoba membeli tiket masuk Gunung Kemukus lewat e-ticketing dan lebih mudah.

“Sistem e-ticketing di New Kemukus sudah jalan. Sistem ini terhubung dengan Internet Banking Bank Jateng. Di New Kemukus itu tinggal scan barcode sudah otomatis terdeteksi nama dan tanggal pengunjung. Dengan e-ticketing diharapkan pendapatan meningkat karena meminimalisasi kebocoran dan penyelewengan dana,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Penduduknya Paling Sedikit, Ini 5 Fakta Unik Kelurahan Laweyan Solo

Kelurahan Laweyan, Laweyan, yang berpenduduk paling sedikit di Kota Solo menyimpan sejumlah keistimewaan dan keunikan dibanding kelurahan lain.

Tak Perlu Khawatir Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini

Cuaca Karanganyar diprakirakan bakal berawan sepanjang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir bakal basah kehujanan.

Full Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Cuaca Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dari pagi sampai malam. Simak informasi lengkap prakiraan cuaca sragen hari ini di sini.

Sebelum Berkegiatan Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 28 Juni 2022

Artikel ini menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca wilayah Boyolali pada hari Selasa (28/6/2022).

Khawatir Aktivitas Terganggu Hujan? Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini

Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Selasa (28/6/2022), menurut BMKG cenderung stabil berawan dan tak banyak berubah.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Selasa 28 Juni 2022: Berawan Terus

Simak informasi prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari ini Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Stabil Berawan

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Berawan Pagi dan Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Walah, Literasi Keuangan Digital Milenial Indonesia Jauh dari Singapura

Skor penilaian literasi keuangan digital anak muda milenial di Indonesia masih sangat rendah, hanya separuh dari skor Singapura.

Siap-Siap! Ribuan Warga Solo Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Kebakaran

Ribuan warga di lima kecamatan Kota Solo akan menjadi sasaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama Dinas Damkar Solo.

Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

Kelurahan di Kecamatan Laweyan ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit meski bukan merupakan wilayah kelurahan paling kecil di Kota Solo.

CFS Wonogiri, Paguyuban Pedagang-Karang Taruna Silang Pendapat Soal Ini

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, car free sunday (CFS) di Wonogiri kembali berjalan, Minggu (26/6/2022). Tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaannya.

Bawa Miras Dan Mabuk, 18 Suporter PSS Sleman Ditangkap Polisi Solo

Sebanyak 18 suporter PSS Sleman tertangkap aparat Tim Sparta Polresta Solo karena kedapatan membawa miras dan mabuk di Stadion Manahan.

Tersisa 10 Kloter Belum Diberangkatkan, Termasuk Calhaj Dari Kota Solo

Embarkasi Solo hingga Senin (27/6/2022) masih menyisakan 10 kloter yang belum diberangkat ke Tanah Suci, termasuk calhaj dari Kota Solo.

Kritik Birokrasi, Habib Syech Cerita Pernah Diminta Bayar Saat Urus KTP

Pendakwah selawat terkemuka Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mengaku pernah diminta membayar sejumlah uang saat urus pembuatan KTP.