Para pemain Portugal merayakan gol. (REUTERS/Rafael Marchante)

Solopos.com, SAO JOAO — Timnas Portugal mengamuk dengan memberondong gawang Lithuania enam gol tanpa balas dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo membuktikan bahwa dirinya belum habis dengan mencetak hattrick ke gawang tim tamu. Sayang kemenangan besar tersebut belum dapat menyegel tiket Selecao das Quinas ke putaran final Piala Eropa 2020.

Ini karena di saat yang bersamaan Serbia membekuk Luksemburg dengan skor 3-2. Artinya, Portugal yang berada di peringkat kedua Grup B dengan 14 poin hanya unggul satu poin dari Serbia di peringkat ketiga.

Mau tak mau Portugal masih harus mengamuk di laga pamungkas melawan Luksemburg jika ingin mendampingi Ukraina lolos ke putaran final turnamen. Laga tersebut bakal digelar di Stade Josy Barthel, Letzeburg, Luksemburg, Minggu (17/11/2019) malam WIB atau kurang dari tiga hari pascaduel melawan Lithuania.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, tentu harus pintar-pintar mengelola fisik Ruben Neves dkk. agar tak ngedrop di laga krusial kontra Luksemburg. Apalagi Luksemburg saat ini bukanlah tim yang mudah dihujani gol. Saat melawat ke markas Serbia, Luksemburg bahkan sempat unggul 1-0 sebelum dibalikkan dengan skor 2-3. Santos bisa saja kembali menurunkan Ronaldo sejak menit awal untuk menggaransi kemenangan di laga terakhir.

Ketika melawan Lithuania, CR7 membutikan bahwa dirinya dalam kondisi fit dan masih bisa bertarung di level tertinggi. Hal itu sekaligus menepis pernyataan Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, yang menyebut sang pemain tengah bermasalah dengan lutut.

Ronaldo memang sedang melempem bersama Juventus dengan tak mencetak gol di tiga laga beruntun. “Saya tak pernah meragukan kondisinya, keraguan itu dimiliki orang lain. Tentang Ronaldo, tak ada yang membuat saya terkejut,” ujar Santos dilansir Daily Mail, Jumat.

Dengan tambahan tiga gol ke gawang Lithuania, Ronaldo berhasil mengemas 10 gol hanya dalam lima laga terakhir bersama Portugal. Striker 34 tahun itu juga kian dekat dengan catatan 100 gol bersama timnas. Kini eks pemain Manchester United itu telah mengemas 98 gol dari 163 caps.

Hanya ada satu pemain yang menyentuh 100 gol di level internasional sejauh ini yakni Ali Daei. Pesepakbola Iran itu mencetak 109 gol dalam 149 kali penampilan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten