Tutup Iklan
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyerahkan kontak mobil ambulans desa siaga kepada penerima di Alun-alun Ponorogo, Rabu (25/7/2018). (Istimewa-Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, SURABAYA -- Sejumlah tokoh mulai mencuat sebagai kandidat yang bakal diusung parpol sebagai calon Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, pada perhelatan Pilkada Surabaya tahun 2020 mendatang.

Salah satunya Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, yang diperkirakan akan diusung Partai Nasdem pada Pilkada Surabaya 2020. Ipong kini juga menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Jatim.

"Belum ada musyawarah daerah memutuskan Cawali Surabaya yang akan diusung Nasdem. Namun obrolan di kalangan internal partai hingga saat ini mengarah ke Pak Ipong," kata Sekretaris DPD Partai Nasdem Surabaya Hari Santosa di Surabaya, Selasa (16/10/2018).

Menurut dia, pembicaraan santai di internal partai mengenai sosok Ipong yang layak menjadi Cawali Surabaya itu menguat pada saat acara pembekalan calon anggota legislatif di Surabaya beberapa waktu lalu.

Diketahui hingga saat ini di kalangan partai politik maupun ormas di Kota Surabaya yang sudah berani terang-terangan mengumumkan Cawali Surabaya yang diperkirakan akan diusungnya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya sudah mulai mengkampanyekan Fandi Utomo.

MKGR Partai Golkar Surabaya mendukung Adies Kadir dan PDI Perjuangan Surabaya mayoritas mendukung Whisnu Sakti Buana. Sedangkan Partai Demokat dan Partai Gerindra Surabaya mengaku sudah mengantongi nama cawal, PKS Surabaya mewacanakan sosok Sigit Sosiantomo dan Azrul Ananda.

Begitu juga Partai Hanura mengusung Kelana Aprilianto, sementara Perindo mengusung Samuel Teguh dan Sukma Sahadewa. Samuel Teguh merupakan Ketua DPD Partai Perindo Surabaya, sedangkan Sukma Sahadewa adalah sekretarisnya.

"Perindo mempertimbangkan kader sendiri untuk diusung maju di Pilkada Surabaya 2020. Kami menilai keduanya memiliki kemampuan menjadi cawali," kata Wakil Ketua Bidang Politik DPD Perindo Surabaya  Toni Tamatompol di Surabaya, Senin (14/10/2018).

Secara kepemimpinan, lanjut dia, keduanya dianggap mampu karena berhasil menjadikan Perindo sebagai partai baru yang mulai diminati warga Surabaya khususnya di kalangan anak-anak muda

Sementara itu, PAN mengusung Hafidz Suaidi, Endras Heru dan Reny Widya Lestari. "Untuk saat ini baru tiga calon yang muncul. Tapi tidak menutup kemungkinan ada calon-calon lain yang nantinya maju di Pilkada Surabaya," kata Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Surabaya Hafid Suaidi, Selasa.

Hafid mengatakan ketiga cawali yang berpotensi diusung sebagai cawali  tersebut merupakan calon anggota legislatif di wilayah Surabaya. Diketahui Hafid sendiri menjadi caleg Jatim dapil 1 wilayah Surabaya, Endras Heru yang juga Sekretaris DPD PAN Surabaya menjadi caleg Surabaya dapil 5.

Sedangkan Reny yang baru bergabung di PAN menjadi caleg Surabaya di dapil 3. Reny sebelumnya merupakan salah satu pengurus di DPD Partai Hanura Jatim. Namun karena adanya sejumlah persoalan, Reny keluar dari Hanura dan bergabung ke PAN.
     
Silakan http://madiun.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/madiunpos/">LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten