SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Proyek terkait perkeretaapian terus dikebut. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan sejumlah proyek perkeretaapian selesai tahun ini.

Salah satu proyek yang ditarget selesai tahun ini adalah kereta api Makassar – Parepare tahap I Marros – Barru. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulfikri, mengatakan pengerjaan jalur kereta api pertama di Pulau Sulawesi itu ditargetkan mulai beroperasi pada Oktober 2022.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Oktober 2022 sudah melayani kereta penumpang sampai dengan Kabupaten Barru. Kabupaten Marros, Pangkep, Barru, jadi tiga kabupaten itu,” kata Zulfikri saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Dia mengatakan, selain itu proyek elektrifikasi jalur kereta api Yogyakarta – Solo untuk Solo Balapan hingga Palur ditargetkan rampung pada sekitar kuartal III/2022. Per akhir Mei lalu, proyek KRL Solo Balapan – Solo Jebres – Palur sudah mencapai 84,33%.

“Mudah-mudahan Juli – Agustus sudah bisa beroperasi,” kata Zulfikri.

Baca Juga: Inka Bakal Bangun Jalur Kereta Api Sepanjang 600 Km di Kalteng

Selanjutnya, sejumlah proyek perkeretaapian jalur ganda atau Double Double Track (DDT) ditargetkan juga selesai pada 2022. Misalnya saja untuk proyek DDT Bogor – Sukabumi dan Kiaracondong – Cicalengka.

Di sisi lain, ada beberapa proyek perkeretaapian yang saat ini juga masih dalam progres pengerjaan. Misalnya, proyek LRT Jabodebek yang saat ini masih berjalan 82,34%. Kemudian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebesar 82%.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ini Daftar Proyek Kereta Api yang Ditargetkan Rampung 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya