SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju,  termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menyambangi Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Selasa (14/6/2022) sore, di tengah isu reshuffle yang bergulir.

Menhan Prabowo memasuki Istana Kepresidenan melewati pintu yang berada di samping Masjid Baiturrahim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Prabowo Subianto, yang terlihat datang ke Istana antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Tampak juga mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Isu Reshuffle Bergulir Lagi, Ini Penjelasan Istana

“Baru saja (dipanggil), makanya saya ngebut,” kata Hadi memberi tanggapan singkat kepada awak media di kawasan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Selasa.

Hadi mengaku belum tahu soal kemungkinan adanya rotasi di tubuh Kabinet Indonesia Maju.

Ia juga mengaku sedang berolahraga ketika dipanggil untuk datang ke Istana sehingga tidak ada persiapan apa pun.

Baca Juga: Isu Reshuffle: PAN Sodorkan Kader, Partai Gerindra Pasrah

“Enggak ada persiapan. Ini baru olahraga, langsung lari saya,” kata Hadi seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Selasa malam.

Sofyan Djalil yang dicegat sejumlah wartawan tidak berbicara banyak saat dimintai komentar dan ditanya mengenai agenda apa kedatangannya ke Istana.

“Enggak tahu. Agenda Ibu Kota, kali. Agenda PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap), kali,” ujarnya kepada wartawan.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Masihkah Moeldoko menjadi Teman Jokowi?

Ketika ditanya apakah pemanggilannya terkait dengan isu perombakan kabinet, Sofyan juga tidak memberi jawaban secara tegas.

“Enggak tahu, tunggu aja nanti. Tanya Pak Presiden. Enggak, ada rapat aja, kali,” kata Sofyan.

Baca Juga: Biarkan Isu Reshuffle Jadi Liar, Jokowi Dikritik

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan keputusan maupun waktu perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya terserah Presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” katanya.

“Yang jelas Presiden kan sudah 8 tahun di pemerintahan ini, dan beliau tahu banget apa kebutuhan dari kabinet ini sehingga beliau sangat tahu lah,” tambahnya.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Masihkah Moeldoko menjadi Teman Jokowi?

Selain para menteri, Presiden RI Joko Widodo juga memanggil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ke Istana Kepresidenan. Politikus PAN Yandri Susanto membenarkan atasannya itu sedang di Istana.

“Betul (dipanggil), sekarang sedang di Istana,” kata Yandri.

Belum diketahui terkait dengan ada tidaknya politikus PAN lain yang turut dipanggil Presiden ke Istana pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya