SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan sejumlah kepala daerah di Jateng mengajukan usulan melalui pemprov mengenai pembangunan jalan tol Solo-Cilacap via Jogja.

“Memang ada surat dari bupati/wali kota, jadi kami akan antarkan, akan dorong, mengajukan melalui gubernur ke pusat. Kalau Solo-Cilacap itu bisa, maka itu bisa membedah pemerataan wilayah di Selatan Pulau Jawa,” katanya, Jumat (19/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika ditanya mengenai, kepala daerah mana saja yang memberi usulan ke Pemprov, Sekda menjelaskannya melalui rute yang dilewati infrastruktur ini. “Jadi di sana itu kan ada Cilacap, Kebumen, Purworejo, kemudian masuk juga wilayah selatan, Wonogiri, Selatan kena semua,” jelasnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, rata-rata daerah memang menghendaki adanya tol di bagian selatan ini. Pasalnya, adanya jalan tol bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Kendati demikian, dia memastikan mengenai soal pembangunan tol bagian selatan ini masih dalam tahap kesepakatan awal. Soal penentuan trase, penetapan lokasi, pembebasan lahan, menunggu suara dari pusat. 

“Ya ini kan baru tahap kesepakatan awal, untuk trade penlok dan pembebasan lahan tunggu keputusan pemerintah pusat, ya mudah-mudahan disetujui,” tuturnya. 

Seperti diketahui, pemerintah sudah berhasil menggabungkan tol trans Jawa di bagian utara. Untuk itu, pembangunan jalan tol Solo – Cilacap dirasa sangat penting untuk konektivitas antar daerah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya