SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN- Komunitas Piye Kabare bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Yayasan Trilogi Pembangunan, dan Kelompok Tani Sedya Rahayu mengembangkan bawang merah di wilayah Kecamatan Berbah.

“Pengembangan itu ditandai dengan penanaman bawang merah perdana di Dusun Kotengan, Kranggan II, Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY],” kata Ketua Umum Komunitas Piye Kabare Neneng A Tuti, Sabtu (16/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, penanaman bawang merah perdana di lahan seluas satu hektare itu diharapkan bisa berhasil dan akan dilanjutkan dengan penanaman padi di lahan seluas 100 hektare di Kecamatan Minggir termasuk Kranggan 1 dan 2 Kecamatan Berbah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hal itu didasari DIY masih memiliki potensi pertanian yang luas dan seluruh kegiatan menjadi ‘pilot project’ untuk dikembangkan di daerah lain. Bahkan, DIY menjadi salah satu daerah penyumbang swasembada padi pada waktu lalu,” katanya.

Ia mengatakan melalui kegiatan itu komunitas membantu menyediakan bibit unggul dan pupuk sehingga dalam waktu 1,5 bulan mendatang hasilnya bisa dinikmati masyarakat terutama Klomtan Sedya Rahayu.

Ke depan, kata dia, komunitas akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian daerah lain untuk menginformasikan lahan mana yang belum tergarap maksimal dan siap membantu segala kesulitan para petani.

“Kami benar-benar ingin melepaskan impor dan kembali meningkatkan kesejahteraan petani. Pada momentum Hari Kemerdekaan RI, petani bisa ‘merdeka’ perekonomian dan kesejahteraannya,” katanya.

Menurut dia, Komunitas Piye Kabare bergerak dalam bidang ekonomi, sosial, ekonomi, budaya, dan kesehatan. Komunitas melihat DIY masih memiliki lahan dan bisa menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan.

“Bahkan, bisa mendukung terciptanya swasembada pangan nasional sebagaimana yang sudah diraih saat pemerintahan Soeharto,” kata Neneng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya