SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Seluruh kegiatan kedewanan DPRD Boyolali dihentikan sementara menyusul adanya sejumlah legislator dan anggota staf Sekretariat DPRD yang positif Covid-19.

Anggota DPRD itu positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab antigen. “Iya, dengan hasil swab antigen hari ini ada empat anggota dewan yang positif, kena Corona,” kata Wakil Ketua DPRD Boyolali, Fuadi, seperti diberitakan detikcom, Kamis (1/7/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fuadi termasuk yang tes swab antigen tersebut. Menyusul temuan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali langsung melakukan langkah tracing pada Kamis dengan pemeriksaan swab antigen.

Baca Juga: Bantuan Rp1,2 Miliar untuk Masyarakat Boyolali Disalurkan Lewat 2 Program Ini

Menurut Fuadi, swab antigen itu untuk berjaga-jaga karena sudah ada rekan anggota DPRD Boyolali yang positif Covid-19. “Kalau terdeteksi [positif[ ya agar kita bisa segera karantina, biar tidak menjalar ke mana-mana,” jelasnya.

Fuadi mengatakan seluruh kegiatan DPRD Boyolali saat ini dihentikan dulu sampai waktu yang belum ditentukan. Hal itu termasuk kegiatan kedewanan dalam beberapa pekan ini dihentikan sambil melihat perkembangan kasus Covid-19.

Beberapa kegiatan yang dihentikan di antaranya kunjungan kerja ke daerah lain maupun penerimaan kunjungan kerja dari daerah lain. Pembahasan-pembahasan Perda juga akan menunggu perkembangan kasus Corona.

Baca Juga: Pasar Simo Boyolali Tutup Gegara 12 Pedagang Positif Corona, Satgas Covid-19 Lakukan Ini

Permasalahan Mendesak

Jika ada permasalahan mendesak, Fuadi mengatakan pembahasan akan dilakukan secara virtual.

Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono, mengatakan awalnya ada dua anggota DPRD Boyolali yang positif. Setelah itu Satgas dan Dinkes melakukan tracing di lingkup kantor Sekretariat DPRD.

Insan menyebut kontak erat legislator yang positif corona itu cukup banyak. “Kami lakukan swab antigen terhadap seluruh kontak erat,” jelas Insan.

Baca Juga: 12 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Simo Boyolali Tutup Sepekan

Total ada sekitar 50 orang yang menjalani pemeriksaan swab antigen. Hasilnya ada lima orang yang positif, dua di antaranya merupakan anggota DPRD dan tiga orang lainnya dari staf Setwan.

“Dari hasil swab antigen tersebut memang ada beberapa yang kemudian yang terkonfirmasi positif. Ada yang kami sarankan lanjut ke PCR, ada yang isolasi mandiri di rumah dan segera kita tangani dengan pengiriman obat,” jelas Insan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya