Sejarah Stadion Kanjuruhan Malang, Saksi Bisu Tragedi yang Tewaskan 130 Orang

Ini perjalanan Stadion Kanjuruhan yang menemani Arema Malang dalam berlaga hingga terjadinya tragedi Kanjuruhan.

 Stadion Kanjuruhan Malang. (Istimewa/kanjuruhan.weebly.com/)

SOLOPOS.COM - Stadion Kanjuruhan Malang. (Istimewa/kanjuruhan.weebly.com/)

Solopos.com, MALANG — Sejarah pilu di dunia persepak bolaan Indonesia terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa timur. Bahkan, disebut-sebut tragedi yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam menjadi kerusuhan di stadion sepak bola terbesar kedua di dunia.

Dalam tragedi tersebut, hingga Minggu (2/10/2022) sore, ada 130 orang yang dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan sebanyak 180 orang mengalami luka-luka dan kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tragedi dengan korban jiwa yang mencapai 130 orang itu terjadi di Stadion Kanjuruhan. Stadion ini terletak di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Stadion Kanjuruhan ini dibangun sejak tahun 1997 dan menelan biaya mencapai Rp35 miliar. Stadion berkapasitas 45.000 orang ini diresmikan pada 9 Juni 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Bertambah! Total Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Malang Jadi 130 Orang

Dikutip dari kanjuruhan.weebly.com, Minggu, setelah diresmikan stadion ini langsung menggelar pertandingan kompetisi Divisi I Liga Pertamina tahun 2004 antara Arema Malang melawan PSS Sleman. Saat itu, laga tersebut dimenangkan Arema Malang dengan skor 1-0.

Laga tersebut menjadi pertanda Arema dan Aremania pindah dari kandang lama Stadion Gajayana, Kota Malang ke Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Sejak kepindahannya itu, klub sepak bola kesayangan warga Malang itu mengalami berbagai cerita keberuntungan dan kemalangan.

Stadion ini juga menjadi saksi bisu bahwa Arema pernah menggapai mahkota Copa Indonesia 2005 dan 2006. Sebelum babak final di dua edisi Piala Indonesia itu, Areama meraih kemenangan-kemenangan penting di Stadion Kanjuruhan sehingga mengantarkannya kepada pertempuran di partai puncak hingga mengangkat trofi juara dua kali berturut-turut.

Baca Juga: Lima Warga Blitar Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan Malang, Ini Identitasnya

Di stadion ini, Aremania juga pernah meraih predikat The Best Suporter di ajang Copa Indonesia 2006.

Bukan hanya itu, prestasi Arema di Stadion Kanjuruhan ini juga moncer pada kompetisi kasta tertinggi Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 dengan meraih kampiun. Saat itu, upacara penobatan juara digelar lewat laga Perang Bintang antara Arema melawan Tim All-Star, yakni gabungan 22 pemain yang bermain di ISL pada 6 Juni 2010. Pada laga itu, Arema selaku juara ISL harus takluk dengan skor tipis 4-5.

Saat itu, kiper Arema, Kurnia Meiga Hermansyah diganjar sebagai Pemain Terbaik ISL 2009-2010 di Stadion Kanjuruhan. Selain itu, pada 2010, Panpel Arema juga mendapatkan gelar Panpel Terbaik dalam ISL 2009-2010.

Stadion Kanjuruhan ini juga sempat menjadi stadion yang “angker” ditinggal para “penghuninya” di ISL musim 2011-2012 karena ada dualisme klub Arema.

Baca Juga: Pemprov Jatim Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Korban Tragedi Kanjuruhan

Pada 2014, stadion ini menambah satu tribun yakni tribun berdiri. Tribun ini berada di sekeliling sentelban dengan pagar yang memisahkan tribuan dengan lapangan. Penambahan tribun ini praktis menambah kapasitas stadion menjadi benar-benar mencapai 45.000 penonton.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Denmark, Prancis Tim Pertama Lolos ke 16 Besar

      Dua gol Kylian Mbappe membawa Prancis mengemas poin sempurna dari dua laga mereka di fase grup Piala Dunia 2022.

      Persis Solo Kalah Telak dari Persebaya di Manahan, Ini Komentar Coach Rasiman

      Persis Solo dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak di Stadion Manahan Solo.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Argentina Vs Meksiko, Magis Messi!

      Lionel Messi diharapkan mampu menghadirkan “magis” untuk membantu Argentina meraih kemenangan krusial pada laga melawan Meksiko di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 nanti.

      Taman Tertua di Qatar Jadi Arena FIFA Fan Festival, Didatangi 98.000 Pengunjung

      Al Bidda Park yang terletak di jantung kota Doha dan kerap disebut denyut nadi utama Qatar mampu menampung hingga 40.000 orang.

      Hasil Polandia Vs Arab Saudi (2-0): Ini Klasemen Grup C Piala Dunia 2022

      Robert Lewandowski mencetak gol untuk membantu kemenangan timnya atas Arab Saudi dengan skor 2-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Argentina Vs Meksiko di Piala Dunia 2022: Siap-Siap Deg-Degan!

      Lionel Messi dkk. harus bisa membawa Timnas Argentina mengalahkan Timnas Meksiko untuk menjaga asa mereka dalam persaingan di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

      Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022: Australia Menyodok ke Peringkat Kedua

      Australia kini mengemas poin 3 dan berada di bawah Prancis yang nyaman di peringkat pertama klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Prancis Vs Denmark, Ayam Jantan Diunggulkan

      Prancis diunggulkan untuk bisa mengalahkan Denmark pada penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 malam ini.

      Hasil Piala Dunia 2022 Duke Bawa Australia Unggul atas Tunisia di Babak Pertama

      Gol Australia ke gawang Tunisia di babak pertama tercipta pada menit ke-23.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022 Malam Ini: Polandia Vs Arab Saudi, Percaya Diri!

      Skor pertandingan Polandia Vs Arab Saudi diprediksi ketat. Polandia wajib menang, Arab Saudi pun dalam kepercayaan diri tinggi setelah mengalahkan Argentina di laga pembuka mereka di Piala Dunia 2022.

      Profil Timothy Weah: Putra Presiden Liberia, Cetak Gol untuk Amerika Serikat

      Timothy Weah lahir dan besar di New York, Amerika Serikat, serta mengembangkan bakat sepak bolanya di negara tersebut.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Tunisia Vs Australia, Ketat!

      Sejumlah laman di Eropa memprediksi skor pertandingan Piala Dunia 2022 antara Tunisia Vs Australia akan sangat ketat dengan jumlah gol kecil.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Tunisia Vs Australia, Penuh Tekanan!

      Tunisia dan Australia sama-sama dalam tekanan untuk memenangi pertandingan sore ini di penyisihan Grup D Piala Dunia 2022.

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Three Lions Tetap Kuasai Grup B

      Inggris tetap memuncaki klasemen Grup B Piala Dunia 2022 meskipun hanya bermain imbang 0-0 melawan Amerika Serikat (AS) pada  pertandingan kedua Grup B di Stadion Al Bayt.

      Hasil Piala Dunia 2022: Inggris dan AS Bermain Kacamata

      Inggris gagal mengatasi Amerika Serikat (AS) dan hanya bermain imbang 0-0 pada lanjutan Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt.

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Belanda dan Ekuador Pimpin Grup A

      Belanda dan Ekuador menempati posisi teratas klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 1-1 pada lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 di International Khalifa Stadium Ar-Rayyan.