SOLOPOS.COM - Bangunan menyerupai bungker (kiri) dan sebuah rumah (kanan) di Jl. Mataram, dekat Paramount Village, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (Facebook.com-Mass Cayoyes)

Sejarah di Kota Semarang memang banyak tersimpan di sejumlah bangunan kuno, namun ada sebuah bangunan yang dianggap bersejarah namun seakan terabaikan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebuah bangunan berupa rumah dan bangunan menyerupai bungker yang dianggap bersejarah di Jl. Mataram, dekat Paramount Village, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terlihat kumuh dan seakan-akan terabaikan. Khalayak dunia maya (netizen) yang kebanyakan mengaku sebagai warga Kota Semarang pun menyayangkan jika ada bangunan bersejarah di Kota Semarang yang terabaikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bangunan yang dianggap bersejarah di Kota Semarang itu menjadi perbicangan hangat netizen setelah pengguna akun Facebook Mass Cayoyes mengunggah beberapa foto bangunan tersebut ke dinding grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar), Selasa (27/6/2017). “Satu bangunan bersejarah di Kota Semarang tepatnya di pojok Jl. Mataram depan Suzuki Bubakan sekarang dipakai bengkel. Salah satu bangunan bersejarah yang terlupakan,” tulis pengguna akun Facebook Mass Cayoyes pada keterangan foto.

Ia menambahkan bangunan itu berupa sebuah rumah dan bungker. “Bungker bawah tanah yang tembus sampai ke rumah utama, posisi pintu bungker sekitar 30 meter dari rumah utama dan cerobong itu adalah tempat ventilasi udara,” imbuhnya.

Netizen di grup Facebook MIK Semar lantas ramai melontarkan beragam komentar yang menyayangkan jika ada bangunan bersejarah di Kota Semarang yang terabaikan. “Waduh eman2 ya lur [Sangat disayangkan ya],” tulis pengguna akun Facebook Sami Tiviyanto.

Eman2 kl nggak dilestarikan [Sayang kalau tak dilestarikan],” ungkap pengguna akun Facebook Gita Sato.

Sementara itu, sebagian netizen lainnya memaparkan banyak kisah yang tersimpan di bangunan menyerupai bungker itu. Mereka menjelaskan bangunan tersebut kerap dikaitkan dengan mitos yang belum pernah terbukti kebenarannya. Pengguna akun Facebook Indra Reza menjelaskan bahwa bangunan yang terlihat seperti bungker itu adalah sebuah terowongan yang menghubungkan beberapa wilayah di Kota Semarang.

“Itu bisa tembus sampai Jl. Dr Cipto om,” ungkap pengguna akun Facebook Indra Reza. Di mesin pencarian Google, memang banyak tulisan yang menjelaskan tentang kisah adanya terowongan bawah tanah di Kota Semarang yang menghubungkan beberapa bangunan bersejarah, namun belum terbukti kebenarannya.

Netizen di grup Facebook MIK Semar lantas mengaitkan bangunan tua di Semarang itu dengan kisah misteri di luar nalar manusia. Mereka menganggap bangunan berupa bungker dan rumah itu terlihat angker sehingga memunculkan dugaan ada banyak makhluk gaib di bangunan tersebut.

Pengguna akun Facebook Mass Cayoyes menjelaskan bangunan itu adalah milik pribadi, bukan milik pemerintah kota (pemkot) atau milik negara. “Itu rumah pribadi om. Masih ada pemiliknya,” tulis pengguna akun Facebook Mass Cayoyes.

Netizen pun menggantungkan harapan kepada Pemkot Semarang agar bisa memiliki bangunan yang dianggap bersejarah itu. Dengan begitu, menurut mereka, bangunan tersebut akan lebih terawat dan dapat menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Semarang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya