Sejarah Persis Solo: Laskar Sambernyawa Punya Jiwa Solidaritas Sejak Lahir

VVB atau Persis Solo turut menjadi pelopor lahirnya sebuah perkumpulan bernama Comite Penolong Kesengsaraan Oemoem pada Agustus 1923.

 Penggawa Persis Solo (kedua dari kiri) bersalaman dengan lawan jelang laga di Stadion Sriwedari Solo beberapa dekade lalu. Sejak berdiri pada 1923, klub yang dahulu bernama Vorstenlandshe Voetbal Bond (VVB) itu dikenal memiliki kepekaan sosial tinggi. (Istimewa/Solo Societeit)

SOLOPOS.COM - Penggawa Persis Solo (kedua dari kiri) bersalaman dengan lawan jelang laga di Stadion Sriwedari Solo beberapa dekade lalu. Sejak berdiri pada 1923, klub yang dahulu bernama Vorstenlandshe Voetbal Bond (VVB) itu dikenal memiliki kepekaan sosial tinggi. (Istimewa/Solo Societeit)

Solopos.com, SOLO–Persis Solo bukan sekadar bond (perkumpulan) sepak bola. Meski bergerak di bidang olahraga, klub yang dahulu bernama Vorstenlandche Voetbal Bond atau VVB itu tak gagap dengan kerja-kerja sosial.

Hari lahir pada 30 Maret 1923 (ada versi yang menyebutkan 8 November 1923) diiringi sejumlah aksi solidaritas lintas latar belakang. “Persis sudah menjadi wadah yang menyatukan,” ujar Fauzi, fans Persis yang juga Koordinator Riset Solo Societeit saat berbincang soal sejarah Persis dengan Solopos.com, beberapa waktu lalu.

VVB turut menjadi pelopor lahirnya sebuah perkumpulan bernama Comite Penolong Kesengsaraan Oemoem pada Agustus 1923. Perkumpulan yang juga diisi organisasi kepemudaan, organisasi agama, hingga kelompok musik itu memunyai tujuan mulia, memikirkan federasi berazas menolong pada kesengsaraan umum.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Peran Sosial Persis Solo Dinanti

Mereka sempat menggelar pasar malam yang nominal tiketnya disumbangkan untuk pendidikan rakyat. Di luar komite, VVB juga pernah menggelar laga amal untuk membantu prajurit veteran dan memberi bantuan pada Yayasan Oemat Islam.

Bidang kesehatan tak luput dari perhatian Persis dengan membantu pengobatan penderita tuberculosis. Seluruh kegiatan sosial ini dapat dilakukan secara konsisten karena klub didukung finansial yang baik (Berita PSSI, Januari 1940).

Kini semangat solidaritas Persis seolah menemukan momentum untuk bangkit kembali. Pandemi Covid-19 memanggil Laskar Sambernyawa untuk kembali ke “khitahnya” sebagai bond sepak bola yang peduli kemanusiaan.

Baca Juga: Buronan Pembobol Bank Mandiri Rp120 Miliar Ditangkap saat Terpapar Covid-19

 

Waktu Ideal

Fauzi mengatakan ini saatnya Persis kembali berkontribusi dalam kegiatan sosial. Waktu sekarang dinilai ideal mengingat kompetisi Liga 2 telah ditunda hingga September.

“Persis dapat mengoptimalkan fungsi sosial lewat pembagian bahan pangan atau memfasilitasi vaksinasi untuk suporter. Yang tak kalah penting, Persis juga perlu terus membangun kesadaran pentingnya penerapan protokol kesehatan,” ujar Fauzi, Selasa (13/7/2021).

Dengan kondisi keuangan yang lebih baik menyusul peralihan kepemilikan pada trio Kaesang Pangarep, Kevin Nugroho, dan Erick Thohir, Laskar Sambernyawa dinilai bisa berperan lebih di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Prabowo Dapat Jempol dari Jokowi di Istana Merdeka

Tokoh Pasoepati Pasar Kliwon, Yudi Winarno, mengatakan Persis perlu belajar dari akar sejarah agar kembali membumi dengan lingkungannya. “Sehingga kehadiran Persis tak hanya dinanti di sepak bola, tapi juga jiwa sosialnya. Mumpung sekarang sumber daya di manajemen, birokrasi, dan suporter dapat bersinergi,” tutur dia.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Bangkitkan Gairah Persis Solo Juara Liga, Banner Dukungan Bertebaran

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang kembali bergulir membuat para pendukung Persis Solo bergerak menyuarakan dukungan dengan berbagai ekspresi.

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jangan Kelewatan! Persis Solo Vs AHHA PS Pati Disiarkan Indosiar

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar.

Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo.

Prediksi Persis Solo Vs AHHA PS Pati, Bisa Menang Laskar Sambernyawa?

Persis Solo akan menghadapi PSG Pati atau AHHA PS Pati pada laga perdana Grup C Liga 2 musim ini. Duel tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Manahan.

Pep Guardiola Cetak Rekor Manajer City Tersubur Seusai Kalahkan Chelsea

Pep Guardiola menorehkan rekor sebagai manajer Manchester City dengan jumlah kemenangan terbanyak sepanjang masa seusai timnya mengalahkan Chelsea 1-0.

Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan MU Kalah, Liverpool Imbang

Manchester United yang dibintangi Cristiano Ronaldo di luar dugaan menyerah 1-2 dari Aston Villa.

Arema 0-0 PSIS: Singo Edan Kembali Gagal Menang

Arema FC kembali gagal meraih kemenangan pada pekan keempat Liga 1 2021-2022.

Dean Berta Vinales Meninggal dalam Kecelakaan Balap Supersport 300

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Persis Solo Luncurkan Skuat Liga 2: Dari Kota Ini Kemenangan Dimulai

Skuat Persis Solo untuk mengarungi Liga 2 2021 berjumlah 40 orang terdiri atas 35 pemain dan 5 tim pelatih.

Hadapi Persis Solo, Pemain AHHA PS Pati Diminta Jaga Salat

Putra Siregar mengingatkan para pemain AHHA PS Pati menjaga salat lima waktu dan ibadah sebagai bekal melawan Persis Solo.

Tampil Pukul 21.00 WIB, PSIM Jogja Butuh Adaptasi Main Malam

PSIM Jogja harus menyesuaikan diri dengan kondisi lampu dan rumput karena akan tampil pada pukul 21.00 WIB.

Preview Persis Solo vs AHHA PS Pati: Motivasi Tinggi Laskar Sambernyawa

Latihan taktik dan strategi khusus sudah disiapkan tim pelatih Persis Solo untuk mengalahkan AHHA PS Pati FC.

Besok Liga 2 Dimulai, PT LIB Gelar Tumpengan di Stadion Manahan Solo

PT LIB juga memastikan Stadion Manahan siap untuk menghelat pembukaan Liga 2 2021 sekaligus sebagai venue Grup C.