Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Jelang peringatan Hari Pramuka pada 14 Agustus 2022 mendatang, ketahui sejarahnya.

 Ilustrasi kegiatan Pramuka di Indonesia. (Freepik,com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan Pramuka di Indonesia. (Freepik,com)

Solopos.com, SOLO-Sebagai generasi muda sebaiknya tahu sejarah peringatan Hari Pramuka di Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus.   Gerakan ini juga terdapat di berbagai negara di dunia dan memiliki sejarah panjang.

Sebutan internasional untuk gerakan kepanduan adalah scouting atau scout movement. Gerakan ini dicetuskan oleh Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau dikenal pula sebagai Lord Baden-Powell. Dia seorang anggota angkatan darat di Inggris. Dikutip dari semarangkota.go.id disebutkan antara tahun 1906-1907, ia menulis buku Scouting for Boys. Intinya, buku ini merupakan panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Apa yang dicetuskan Robert Baden-Powell ini kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hari lahir Robert Baden-Powell yakni tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Baca Juga: Lepas 16 Pramuka Penggalang Ikut Jamnas 2022, Bupati Boyolali Pesan Ini

Sejarah Pramuka di Indonesia sebenarnya gerakan kepanduan ini sudah ada sejak zaman kolonial Hindia Belanda. Pada 1916, Mangkunagoro VII memprakarsai berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie.

Setelah itu, bermunculan gerakan-gerakan sejenis yang dikelola oleh organisasi-organisasi pergerakan, sebut saja Hizbul Wathan (Muhammadiyah), Nationale Padvinderij (Boedi Oetomo, Sarekat Islam Afdeling Padvinderij (Sarekat Islam), Nationale Islamietische Padvinderij (Jong Islamieten Bond), dan lain-lain.

Mengutip Bisnis.com, Kamis (11/8/2022), menurut Panduan Museum Sumpah Pemuda (2009), gerakan Kepanduan di tanah air yang berlingkup nasional dimulai pada 1923 dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia, lalu dilebur menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada 1926. Adapun istilah Pramuka resmi digunakan untuk menyebut gerakan kepanduan nasional baru terjadi cukup lama setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 14 Agustus 1961.

Baca Juga: 354 Pramuka Garuda Karanganyar Dilantik, 16 Dilepas Ke Cibubur

Idenya bermula dari gagasan Presiden Soekarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan kepanduan di Indonesia. Maka, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Misi utama gerakan Pramuka adalah untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia, dari usia anak-anak, demi meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

Istilah Pramuka dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX, terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Namun, kata Pramuka dijabarkan menjadi Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”.

Baca Juga:  Sebelum Ikut Pesta Siaga Sragen, Peserta Wajib Vaksin Dosis Kedua Dulu

Sultan HB IX menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama dan terpilih kembali sampai 4 periode selanjutnya hingga 1974. Ia berjasa melambungkan Pramuka Indonesia hingga ke luar negeri. Maka, gelar Bapak Pramuka Indonesia kemudian disematkan kepada Raja Yogyakarta ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Diperingati Setiap Tanggal 14 Agustus 2021

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Nasib sepak bola Indonesia berada di ujung tanduk. Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 153 orang berpotensi mengganjal Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023. Indonesia pun terancam mendapat sanksi berat lainnya dari FIFA.

      Berita Terkini

      Guru Besar FKUI Jelaskan Kerongkongan Bergeser seperti Kabar Lesti Kejora

      Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama beri penjelasan seputar kemungkinan kerongkongan bergeser seperti kabar yang berembus terkait kondisi Lesti Kejora.

      Ahli Imbau Anak-Anak Suntik Vaksin Gegara Kasus Covid Anak Naik

      Tren kasus positif Covid-19 anak-anak kian meningkat. Menurut Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), MTroPaed terjadinya peningkatan Covid-19 ini akibat adanya aktivitas di ruang publik, termasuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

      Arti Mimpi Pasangan Selingkuh

      Terasa menakutkan, berikut ini arti mimpi pasangan selingkuh.

      Ketahui Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikolog

      Ada sejumlah ciri suami selingkuh menurut psikolog.

      5 Langkah yang Harus Dilakukan Para Korban KDRT seperti Lesti Kejora

      Saat menjadi korban KDRT, ketahui langkah apa sajakah yang harus diambil.

      Dialami Lesti Kejora, Begini Hukum KDRT dalam Islam

      Dialami oleh penyanyi dangdut Lesti Kejora, begini hukum KDRT dalam Islam menurut pandangan Nahdlatul Ulama (NU online).

      Arti Mimpi Dikejar Anjing Memiliki Pertanda Baik dan Buruk

      Tak selalu menakutkan, berikut ini arti mimpi dikejar anjing.

      Menakar Untung Rugi Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

      Pengenaan cukai untuk minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) ini memiliki dua tujuan mulia yaitu untuk tujuan menjaga kesehatan penduduk Indonesia serta memberi tambahan pemasukan negara.

      Ketahui Dampak Buruk saat Anak Terpapar Gula Tambahan Terlalu Dini

      Orang tua patut lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang baik untuk dikonsumsi buah hati agar anak tidak terkena dampak buruk terpapar gula tambahan. 

      Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

      Kenali gejala, faktor risiko, dan juga sederet mitos dari kanker payudara.

      Arti Mimpi Melahirkan Bukan Pertanda Buruk

      Arti mimpi melahirkan sangat beragam tergantung kondisi Anda saat mendapatkan bunga tidur itu.

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

      Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

      Doa yang Dibaca saat Rabiul Awal, Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat doa yang dibaca saat Rabiul Awal, bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat contoh teks khutbah Jumat bertemakan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.