Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Jelang peringatan Hari Pramuka pada 14 Agustus 2022 mendatang, ketahui sejarahnya.

 Ilustrasi kegiatan Pramuka di Indonesia. (Freepik,com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan Pramuka di Indonesia. (Freepik,com)

Solopos.com, SOLO-Sebagai generasi muda sebaiknya tahu sejarah peringatan Hari Pramuka di Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus.   Gerakan ini juga terdapat di berbagai negara di dunia dan memiliki sejarah panjang.

Sebutan internasional untuk gerakan kepanduan adalah scouting atau scout movement. Gerakan ini dicetuskan oleh Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau dikenal pula sebagai Lord Baden-Powell. Dia seorang anggota angkatan darat di Inggris. Dikutip dari semarangkota.go.id disebutkan antara tahun 1906-1907, ia menulis buku Scouting for Boys. Intinya, buku ini merupakan panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Apa yang dicetuskan Robert Baden-Powell ini kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hari lahir Robert Baden-Powell yakni tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Baca Juga: Lepas 16 Pramuka Penggalang Ikut Jamnas 2022, Bupati Boyolali Pesan Ini

Sejarah Pramuka di Indonesia sebenarnya gerakan kepanduan ini sudah ada sejak zaman kolonial Hindia Belanda. Pada 1916, Mangkunagoro VII memprakarsai berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie.

Setelah itu, bermunculan gerakan-gerakan sejenis yang dikelola oleh organisasi-organisasi pergerakan, sebut saja Hizbul Wathan (Muhammadiyah), Nationale Padvinderij (Boedi Oetomo, Sarekat Islam Afdeling Padvinderij (Sarekat Islam), Nationale Islamietische Padvinderij (Jong Islamieten Bond), dan lain-lain.

Mengutip Bisnis.com, Kamis (11/8/2022), menurut Panduan Museum Sumpah Pemuda (2009), gerakan Kepanduan di tanah air yang berlingkup nasional dimulai pada 1923 dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia, lalu dilebur menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada 1926. Adapun istilah Pramuka resmi digunakan untuk menyebut gerakan kepanduan nasional baru terjadi cukup lama setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 14 Agustus 1961.

Baca Juga: 354 Pramuka Garuda Karanganyar Dilantik, 16 Dilepas Ke Cibubur

Idenya bermula dari gagasan Presiden Soekarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan kepanduan di Indonesia. Maka, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Misi utama gerakan Pramuka adalah untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia, dari usia anak-anak, demi meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

Istilah Pramuka dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX, terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Namun, kata Pramuka dijabarkan menjadi Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”.

Baca Juga:  Sebelum Ikut Pesta Siaga Sragen, Peserta Wajib Vaksin Dosis Kedua Dulu

Sultan HB IX menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama dan terpilih kembali sampai 4 periode selanjutnya hingga 1974. Ia berjasa melambungkan Pramuka Indonesia hingga ke luar negeri. Maka, gelar Bapak Pramuka Indonesia kemudian disematkan kepada Raja Yogyakarta ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Diperingati Setiap Tanggal 14 Agustus 2021

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.