Sejarah Hari Ini: Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta
Aksi teatrikal Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Serangan Umum 1 Maret 1949 dilakukan di jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat, berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman. Serangan ini berhasil menduduki Yogyakarta selama enam jam

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 1 Maret. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Lukisan bertajuk Pemerkosaan Wanita Sabin karya Pietro da Cortona. (Wikipedia.org)
Lukisan bertajuk Pemerkosaan Wanita Sabin karya Pietro da Cortona. (Wikipedia.org)

152 SM

Pasukan Kekaisaran Romawi yang dipimpin Kaisar Romulus merayakan kemenangan mereka atas pasukan kerajaan tetangga, Caeninenses. Kemudian Raja Caeninenses menyerang Romawi menyusul perintah Romulus kepada orang Romawi untuk menculik dan memerkosa gadis-gadis dari Kota Crustumini, Antemnates, dan Sabin. Peristiwa keji itu berlangsung dalam sebuah festival yang digelar Romulus dengan mengundang para gadis dari tiga kota tersebut. Festival yang berakhir pemerkosaan dan penculikan itu kini dikenang dengan nama The Rape of the Sabine Women atau Pemerkosaan Wanita Sabin.

86 SM

Pasukan Kekaisaran Romawi yang dipimpin Lucius Cornelius Sulla, menjebol pertahanan sekaligus mengalahkan pasukan Athena pimpinan Aristion yang didukung pasukan Kerajaan Pontus dari utara Anantolia—sekarang Turki—pimpinan Raja Mithridates VI pada 1 Maret. Kemenangan pasukan Kekaisaran Romawi itu sekaligus mengakhiri pengepungan yang mereka lakukan di Athena selama berbulan-bulan.

317

Flavius Yulius Krispus dan Flavius Claudius Constantinus Augustus, putra Kaisar Romawi Konstantinus I, menetapkan nama Caesar sebagai gelar untuk Kaisar Romawi. Sebenarnya Caesar sejatinya adalah nama keluarga dari kaisar Romawi yang sangat legendaris, yakni Gaius Julius Caesar Augustus, anak dari kaisar sebelumnya, Julius Caesar, yang juga sangat terkenal.

1565

Kota Rio de Janeiro merupakan Ibu Kota negara bagian Rio de Janeiro, di bagian tenggara Brasil didirkan pada 1 Maret. Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa. Bahkan sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.

Lukisan karya Anthony van Dyck, 1636, yang menggambarkan sosok Charles I. (Wikipedia.org)
Lukisan karya Anthony van Dyck, 1636, yang menggambarkan sosok Charles I. (Wikipedia.org)

1628

Raja Inggris, Charles I, memerintahkan semua kota di Inggris untuk membayar pajak kapal kepada kerajaan. Kemudian peraturan itu berlaku untuk semua kota di Inggris meskipun letaknya jauh dari pelabuhan.

1803

Ohio resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat ke 17 pada 1 Maret. Singkatan pos ASnya adalah OH. Ibu kotanya adalah Columbus. Untuk diketahui Ohio diambil dari bahasa Iroquois ohi:yo, yang berarti "sungai besar".

1845

Presiden Amerika Serikat (AS), John Tyler, menandatangani rencana aneksasi Republik Texas sebagai negara bagian di AS. Republik Texas adalah negara berdaulat setelah memisahkan diri dari Meksiko pada 1836. Namun setahun setelah ditekennya rencana itu, Republik Texas resmi dicaplok AS lalu dijadikan salah satu negara bagian dengan nama Texas.

1949

Serangan Umum 1 Maret 1949 dilakukan di jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat, berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman. Kemudian serangan ini berhasil menduduki Yogyakarta selama enam jam dan membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI-berarti juga Republik Indonesia masih ada dan cukup kuat. Sehingga dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB.

1953

Pemimpin Uni Soviet, Josef Stalin, pingsan setelah terserang strok. Lalu Empat hari kemudian, Stalin yang memimpin Soviet sejak 1922 itu meninggal dan digantikan Nikita Khrushchev.

1954

Amerika Serikat (AS) meledakkan bom hidrogen seberat 15 megaton di Pulau Bikini, sebuat atol di Samudra Pasifik pada 1 Maret. Peledakan bom dengan alasan pengujian itu adalah upaya AS memprovokasi Uni Soviet selama Perang Dingin. Namun uji coba tersebut menimbulkan kontaminasi radioaktif terburuk yang pernah disebabkan AS.

1972

Tentara Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Suriah yang menghancurkan kamp-kamp militer Suriah. Selanjutnya Suriah membalas serangan Israel itu beberapa hari kemudian. Bahkan baku serang antara kedua negara itu pun terjadi selama berbulan-bulan.

lirik lagu anyone Justin Drew Bieber. (Reuters)
Justin Drew Bieber. (Reuters)

1994

Seorang bayi laki-laki lahir di London, Ontario, Kanada dan dinamai Justin Drew Bieber pada 1 Maret. Kini, laki-laki asal Kanada itu dikenal luas sebagai penyanyi dan penulis lagu dengan nama Justin Bieber. Justin Bieber memiliki jutaan Beliebers—sebutan bagi penggemar Bieber—yang tersebar di seluruh dunia.

2006

Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush tiba di New Delhi, India. Kunjungan Bush ke India itu disambut unjuk rasa warga yang menolak kedatangan presiden ke 43 AS tersebut. Kunjungan Bush ke India itu bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan India dalam bidang nuklir.

 

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom