SOLOPOS.COM - Pasukan Tiongkok bertempur melawan pasukan Jepang yang akan merebut Shanghai, 1937. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 9 November 1937, Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-313—hari ke-314 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 9 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 9 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 9 November:

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

1729
Inggris dan Spanyol menandatangani Perjanjian Sevilla di Sevilla, Spanyol. Perjanjian itu merupakan perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Inggris-Spanyol yang berlangsung sejak 1727. Dari perjanjian tersebut, Inggris berhak berkuasa di Pelabuhan Mahon dan Gibraltar. Sebagai gantinya, Inggris harus memberikan dukungannya terhadap Ratu Spanyol Elisabeth Farnese untuk menguasai wilayah Parma di Italia.

Ekspedisi Mudik 2024

1914
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam pertempuran di perairan dekat Pulau Cocos di Samudera Hindia. Dalam pertempuran memperebutkan Pulau Cocos itu, kapal milik Jerman SMS Emden tenggelam setelah dibombardir kapal tempur HMAS Sydney milik Australia. Hingga kini, Pulau Cocos masih menjadi wilayah kekuasaan Australia, meski lokasinya lebih dekat dengan Pulau Jawa dan Sumatra di Indonesia.

Wilhelm II. (Wikiemdia.org)
Wilhelm II. (Wikimedia.org)

1918
Wilhelm II turun dari takhtanya sebagai kaisar Jerman yang telah ia pangku selama 20 tahun. Mundurnya Wilhelm II itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Jerman yang lantas digantikan Republik Weimar. Beberapa wilayah kekuasaan Jerman juga lantas melepaskan diri setelah runtuhnya kekaisaran.

1931
Jenderal Mah Chang Shan dari Heilungkieng, Manchuria, Tiongkok mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Hal itu dilakukan demi mengusir tentara Jepang yang telah menginvasi Manchuria sejak beberapa pekan sebelumnya. Namun, upaya itu gagal dan Jepang berhasil menguasai wilayah Manchuria serta membentuk negara boneka yang dinamai Manchukuo. Kini wilayah itu dikenal sebagai Tiongkok Timur Laut.

1937
Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945. Semasa Perang Dunia II, Shanghai merupakan satu-satunya kota di dunia yang menerima orang-orang Yahudi tanpa syarat.

1938
Orang-orang Nazi menyerbu toko-toko dan pusat usaha milik orang Yahudi serta sejumlah sinagoge di Jerman dan menimbulkan kerusuhan pada malam hari. Peristiwa itu berlangsung selama dua hari dan mengakibatkan 30.000 orang Yahudi ditawan dan beberapa di antaranya dibunuh. Tragedi itu lantas dikenang dengan sebutan Kristallnacht atau Malam Kristal karena banyak pecahan kaca pada peristiwa itu.

1945
Kelompok pemuda di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bertempur melawan tentara Belanda yang dibantu tentara Australia yang ingin kembali menguasai wilayah Banjarmasin setelah mundurnya Jepang. Pertempuran itu juga dipicu upaya Belanda yang ingin merebut senjata-senjata milik Jepang yang telah disita para pemuda di Banjarmasin. Namun sayangnya, para pemuda di Banjarmasin itu berhasil dipukul mundur lantaran banyak di antara mereka yang gugur dan kurangnya perlengkapan tempur.

1948
Luiz Felipe Scolari lahir di Passo Fundo, Brasil. Ia merupakan pemain sepak bola yang berkarier sejak 1973 hingga 1981. Meski kariernya sebagai pemain tak terlalu cemerlang, ia sukses menjadi pelatih. Sebagai pelatih, ia telah mengantar Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. Setelah itu, ia sempat melatih Portugal selama lima tahun. Pada 2012 lalu, Scolari kembali menjadi pelatih Tim Nasional Brasil hingga 2014.

1953
Kamboja meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang telah menguasainya selama 90 tahun. Setelah merdeka, Kamboja lantas menjdi kerajaan berbentuk monarki konstitusional hingga kini.

Alessandro Del Piero. (Juventus.com)
Alessandro Del Piero. (Juventus.com)

1974
Alessandro Del Piero lahir di Conegliano, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah membela Juventus selama 19 tahun, yakni dari 1993 hingga 2012. Bersama Juventus, Del Piero telah mengemas 208 gol dari 513 penampilannya di Liga Italia. Sebelum memutuskan pensiun pada 2015 lalu, Del Piero sempat membela klub di Australia, Sidney FC, dari 2012 hingga 2014, dan salah satu klub di India, Delhi Dynamos, dari 2014 sampai 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya