SOLOPOS.COM - Dokumentasi Pembantaian Rawagede. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 9 Desember 1947, Tentara Belanda membantai warga sipil di Kampung Rawagede, Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-343—hari ke-34 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 9 Desember.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 9 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 9 Desember:

730
Pasukan Kerajaan Khazar pimpinan Barjik berhasil mengalahkan pasukan Kekhalifahan Umayyah yang dipimpin Al Jarrah bin Adallah di Ardabil, sebelah barat laut Iran. Dalam pertempuran tersebut, Al Jarrah bin Adallah sebagai jenderal perang bagi Kekhalifahan Umayyah dalam pertempuran tersebut tewas di tangan pasukan Kerajaan Khazar. Atas kemenangan itu, Kerajaan Khazar berhasil merebut wilayah Ardabil dari Kekhalifahan Umayyah.

1917
Pasukan Inggris yang dipimpin Edmund Allenby berhasil menduduki Yerusalem di Palestina yang kala itu masih menjadi wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman. Peristiwa itu terjadi di tengah-tengah Pertempuran Yerusalem antara Inggris dan Ottoman. Inggris yang lantas memenangi pertempuran itu juga berhasil menduduki wilayah lain di sekitar Yerusalem.

Prajurit Jepang berdiri di atas reruntuhan Gerbang Zhongshan Nanking pada 13 Desember 1937. (Wikimedia.org)
Prajurit Jepang berdiri di atas reruntuhan Gerbang Zhongshan Nanking pada 13 Desember 1937. (Wikimedia.org)

1937
Pasukan Jepang berhasil merebut Kota Nanking atau Nanjing dari pasukan Tiongkok. Sekitar empat hari setelah Nanking yang kala itu merupakan ibu kota Tiongkok direbut Jepang, Pertempuran Nanking yang berlangsung sejak 1 Desember berakhir dengan kemenangan Jepang.

1940
Tentara Inggris bersama tentara India, Australia, dan Prancis memulai Operasi Kompas demi merebut wilayah Mesir dari Italia. Operasi yang dijalankan selama dua bulan itu akhirnya membuahkan hasil. Wilayah barat Mesir dan Cyrenaica di Libya yang sebelumnya dikuasai Italia berhasil direbut.

1941
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang kapal milik Jepang di perairan dekat Luzon, Filipina. Serangan itu dilancarkan sehari setelah AS mendeklarasikan perang terhadap Jepang yang dipicu Serangan Pearl Harbour.

1941
Tiongkok, Kuba, Guetamala, dan Filipina mendeklarasikan perang terhadap Jerman dan Jepang. Deklarasi itu sekaligus menyeret nama negara-negara tersebut dalam Perang Dunia II. Tiongkok, Kuba, Guetamala, dan Filipina lantas tergabung dalam Blok Sekutu pada Perang Dunia II.

1947
Tentara Belanda membantai warga sipil di Kampung Rawagede, Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat (Jabar). Sebanyak 431 penduduk desa menjadi korban pembantaian yang kini dikenang dengan nama Pembantaian Rawagede itu.

1971
Pasukan Angkatan Udara India bersama pasukan Bangladesh melancarkan serangan udara terhadap pasukan Pakistan di wilayah timur Bangladesh. Salah satu serangan dalam Perang India-Pakistan itu berhasil melumpuhkan pasukan Pakistan yang menduduki wilayah timur Bangladesh.

Tentara Israel memblokade jalan di Jabalya, Palestina, selama Intifadhah Pertama, 1988. (Wikimedia.org)
Tentara Israel memblokade jalan di Jabalya, Palestina, selama Intifadhah Pertama, 1988. (Wikimedia.org)

1987
Pemberontakan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel meletus di Tepi Barat, Jalur Gaza. Peristiwa yang dikenal sebagai Intifadhah Pertama itu berakhir berlangsung hingga 1993. Diperkirakan 1.100 orang Palestina dibunuh oleh tentara Israel dan 164 orang Israel dibunuh oleh orang Palestina. Israel dan Palestina lantas menandatangani perjanjian damai di Oslo, Norwegia pada 20 Agustus 1993.

2016
Serangan bom bunuh diri mendera wilayah Madagali, Nigeria menewaskan sedikitnya 57 orang dan melukai 177 lainnya. Kelompok Boko Haram lantas dituding sebagai pelaku penyerangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya